Forkopimda Kendal Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Pemuda Kelas II B Plantungan - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 01 Oktober 2021

Forkopimda Kendal Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Pemuda Kelas II B Plantungan


KENDAL,Mj - Hari ini, bangsa Indonesia menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila, begitupun Forkopimda Kendal yang menggelar upacara di halaman Lapas Pemuda Kelas II B Plantungan, Jumat (1/10/2021) pukul 08.30 Wib.


Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengambil tema "Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila. "Upacara ini diikuti oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, Dandim 0715 Letkol Inf Iman Widiarto, Kepala OPD Kabupaten Kendal dan anggota DPRD Kabupaten Kendal.


Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto SH., SIK., MH, bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Kendal mengikuti kegiatan upacara tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dimaksudkan agar bangsa Indonesia mengingat lagi kekejaman Gerakan 30 September (G30S/PKI).


Bupati Kendal selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila salah satu hari bersejarah dimana saat itu terjadi suatu peristiwa yang berujung pada penculikan dan gugurnya tujuh putera terbaik bangsa pada tahun 1965.


“Mari bersama kita merenung sejenak tentang apa yang terjadi dimasa lalu, hendaknya semua kejadian itu menjadi cambuk sebagai pemicu semangat dalam bekerja dalam mengisi pembangunan Bangsa," jelas Bupati.


Sebagai generasi penerus kita patut menghargai pengorbanan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan itu," pungkasnya.


Dalam upacara ini disertai pembacaan ikrar oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal yang menyatakan bahwa pertama, sejak diproklamasikan kemerdakaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Kedua, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.


Ketiga, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dan yang keempat, maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Selanjutnya Bupati Kendal beserta tokoh masyarakat dan perwakilan warga binaan Lapas Pemuda Kelas II B Plantungan melaksanakan penanaman pohon.@HS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here