PADEPOKAN GIRI MANTAKA GELAR RUAT BUMI SEREN TAUN MUHARRAM - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 05 September 2021

PADEPOKAN GIRI MANTAKA GELAR RUAT BUMI SEREN TAUN MUHARRAM


SERANG,MJ -- Padepokan Giri Mantaka gelar acara Ruat Bumi Seren Taun yang biasa rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Muharram . Ruat bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, kesehatan, serta keselamatan kepada masyarakat setempat, serta memohon keselamatan untuk waktu yang akan datang,


Padepokan yang mengandung arti gunung pengetahuan ini,berlokasi di kampung Bojong Loa, Desa Pamarayan ,Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang .Acara Ruat Bumi seren taun digelar Sekretariat Girimantaka  pada hari Minggu 5 September 2021.


Dalam kesempatannya, Zaenal Arifin atau biasa disapa Abah Enjen selaku sesepuh Girimantaka mengatakan, tujuan dari acara ini yaitu bentuk syukur sebagai umat manusia kepada sang maha pencipta yang menciptakan bumi dan langit berikut seisinya.


"Berkah daripada do'a bersama semoga kita semua dirahmati oleh Allah SWT,"ungkapnya.


Selain itu kata dia,acara ini juga untuk memelihara kearifan lokal (Lokal Wisdom), yang pernah diajarkan sejak dulu oleh orang tua (karuhun) Pamarayan.


"Kegiatan turun temurun ini harus selalu dilestarikan karena adat istiadat budaya itu ciri dari kearifan lokal yang ada. Silih asah-silih asih dan silih asuh sesuai dengan ajaran karuhun sunda yang sudah turun turun-temurun dilakukan keluarga besar Girimantaka ini,"terangnya.


Sementara itu Kusman, Bsc.,S.E.,SH.,MH salah satu pendiri Girimantaka dalam kesempatannya mengatakan, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan rasa syukur kepada sang maha pencipta dan lebih bisa mendekatkan diri terhadapnya.


"Semoga kita semua  selalu bersyukur atas nikmat karunia Allah SWT serta semoga senantiasa di berkahi atas rahmatnya,"pungkasnya.


Kegiatan berjalan lancar dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi..@Eng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here