Mengenal Adat Semende " Dalam Rangka Perkawinan Agustian dengan Mas'ama di Segamit - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 20 September 2021

Mengenal Adat Semende " Dalam Rangka Perkawinan Agustian dengan Mas'ama di Segamit


LAHAT,MJ-- Iringan dan arakan Terbangan Dikir ( group Marawis Putra)  Rombongn Pengantin dari kedus belah pihak mengiringi langkah menuju tempat utama pernikahan Agustian putra daerah Mulak Ulu Kabupaten Lahat dengan Mas'ama putri daerah Segamit Semende Darat Ulu Kabulaten Muara Enim pada Senin 20 September 2021.


Aroma Adat Semende begitu kental iringan rombongan Pengantin berjalan kaki  sepanjang 100 meter, sesampai di tempat Resepsi Pernikahan disambut oleh dua orang yang sedang melakukan Kuntau ( sejenis Karate). Adapun maksud dengan tujuan dari Kuntau adalah bahwa pernikahan selalu waspada dan dibentengi dengan tangan kosong tanpa adanya kekerasan dari benda tajam apapun,  diharapkan perkawinannya selamat dunia akhirat hingga akhir hayat kedua mempelai 


Usai disambut dengan Terbangan, Dikir dan Kuntau dilanjutkan naik kerumah Tunggu Tubang  ( rumah tempat berkumpulnya keluarga besar adat Semende) disini Pengantin duduk di Kursi Pengantin dan pihak Besan alias Sima dengan Pemapatk artinya Ahli Rumah, duduk sama rata membaur tanpa adanya perbedaan kedua belah pihak. Harapan tertumpu pada pengantin nantinya dalam menjalankan rumah tangga tidak pilih bulu antara pihak suami dan istri.


Dilanjutkan lantungan Ayat Suci Alquran yang dibawakan begitu syahdu  mengawali acara resepsi dilanjutkan nasehat dari Pemapak dan sambutan Sima yang kental dengan Aksen Logat kedua belah pihak yang menasehati kedua mempelai dengan cara Semendehan.


Pada sesion selanjutnya dinamakan Ziarah, namun Ziarah disini adalah membaca Ayat- ayat pendek Alquran, Zikir, dan doa  dipandu oleh seorang Kyai serta diakhir acara minum sup bersama - sama. Ini berarti pelajaran yang kita petik pada Pernikahan Adat Semende senantiasa dari awal mengarungi bahtera rumah tangga  harus lah bersama- sama dilakukan dan dikerjakan tanpa harus berat sebelah.

Laporan@ Novita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here