BPBD Ogan Ilir Bentuk Satgas Khusus Karhutlah - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 14 Agustus 2021

BPBD Ogan Ilir Bentuk Satgas Khusus Karhutlah


INDRALAYA, MJ - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk satuan tugas (Satgas) Khusus untuk menanggulangi Karhutla dikabupaten Ogan Ilir, Jum'at (13/08)


Pembentukan Satgas khusus ini merupakan tindak lanjut dari perintah wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya sebagai upaya pencegahan terhadap wilayah seperti Ruas Jalan Tol dan desa-desa yang dinilai rawan terjadinya Karhutla.


Selain dari satgas BPBD dalam hal ini pemerintah kabupaten OI juga sebelumnya telah membentuk tim satgas desa untuk membantu tim satgas BPBD. Nantinya kedua tim tersebut akan berkolaborasi dan bekerja sama.


Kepala Kalaksa BPBD OI Ardha Munir dalam hal ini mengatakan, tim satgas ini di bentuk untuk masa waktu dua bulan kedepan, mengingat berdasarkan data dari Badan Metedeorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) pada bulan Oktober mendatang telah memasuki musim penghujan.

"Menindaklanjuti perintah wakil gubernur kita membentuk Tim Satgas Khusus, Ada Dari BPBD sebanyak 3-4 orang dan dari tim satgas desa sebanyak 6 orang. Untuk sistem kerjanya nanti bergantian dengan 5 hari Off lima hari kerja," papar Ardha kepada media ini, Saptu,(14/08)


Untuk tugas masing-masing terang Ardha nantinya Tim Satgas desa akan di perintahkan untuk melakukan penelusuran terhadap titik api, mencari sumber air dan menunjukkan arah atau wilayah lahan yang terbakar. Untuk selanjutnya adalah tugas tim satgas BPBD untuk memadamkan api dengan petunjuk dan arahan tim satgas desa.


Dikatakan Ardha untuk tim Satgas Khusus ini dilengkapi dengan motor dan mesin penyemprot air sebagai tindakan penanggulangan terhadap Karhutla.

"Dan tadi sudah saya serahkan kepada satgas kita peralatan tersebut. Untuk selanjutnya mereka yang sudah di berikan kewajiban dan amanah ini, segera kita perintahkan untuk menemui pemerintah desa tempat dirinya di tugaskan denagn masa kerja dua bulan kedepan," terang ardha.


Dengan demikian terang Ardha Kolaborasi antara satgas Desa dengan satgas BPBD OI diharapkan dapat mencegah agar tidak terjadi lagi adanaya titik api yang akan menyebapkan Karhutla (zero Api).(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here