Pemerintah Desa Seri Dalam Salurkan BLT Dana Desa Tahap 1, Ini Jumlah Penerimanya - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 11 Juli 2021

Pemerintah Desa Seri Dalam Salurkan BLT Dana Desa Tahap 1, Ini Jumlah Penerimanya


INDRALAYA,MJ – Pemerintah Desa Seri Dalam Kecamatan Tanjung Raja menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa (DD) tahap I untuk bulan Januari kepada 51 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai  berlangsung di Kantor Desa Seri Dalam, Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir dihadiri bapak Faisal, SKM Camat Tanjung Raja, unsur Pendamping Desa,  Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Ketua BPD dan  relawan Aman Covid-19 Desa Seri Dalam, Sabtu (10/07/2021).


Kepala Desa Seri Dalam Sary Puspita, Am kep melalui Sekretaris Desa  Zulkarnain Berlian mengatakan, pihaknya menyerahkan bantuan BLT DD tahap satu untuk bulan Januari kepada warga selaku KPM dengan jumlah Rp 300 ribu per KPM sebanyak 51 orang.


“Kami semua berharap agar bantuan BLT ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh warga penerima, guna memenuhi kebutuhannya sehari-hari dimasa pandemi ini,” katanya.


Disinggung tentang jumlah warga Desa Seri Dalam yang menjadi penerima manfaat BLT DD tahun anggaran 2021 ini, ia menjelaskan bahwa jumlah penerima tahun ini berkurang dari jumlah tahun kemarin, bila tahun kemarin jumlah KPM yakni 93 orang maka tahun ini ada 51 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saja, penurunan ini disebabkan hasil keputusan bersama bahwa 93 KPM tahun lalu tidak diproritaskan menjadi KPM pada tahun ini, hal ini semata mata untuk keadilan disamping ada yang sudah meninggal dunia dan ada juga yang telah menerima bansos lainnya berdasarkan dtks.


" Ya, kalau masalah pencairan Dana Desa untuk BLT DD saat ini yang kita salurkan hanya untuk bulan Januari, dan penyaluran untuk tahap berikutnya kalu tidak ada halangan Insya Allah akan kita salurkan dalam bulan ini juga" Timpalnya.


Ditambahkan Zulkarnain Berlian, terkait pengurangan jumlah KPM tahun ini dari jumlah KPM tahun lalu ia menjelaskan, bahwa Pemerintah Desa Seri Dalam semata mata hanya menindaklanjuti hasil keputusan Musyawah Desa dan menjalankan peraturan perundang undangan yang berlaku, " Ya, kita hanya menjalankan aturan ! termasuk mendiskualifikasi KPM apabila juga menerima bansos pemerintah lainnya" ujarnya. 


Sementara itu Ketua BPD Desa Seri Dalam Heriadi mengatakan, menyambut baik langkah cepat dan sigap pemerintah Desa Seri Dalam yang telah merealisasikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk bulan Januari 2021 yang telah ditunggu - tunggu oleh KPM.


" Ya, kami dari BPD Seri Dalam mengapresiasi langkah Pemerintah Desa  yang telah melakukan proses ini dengan penuh kehati hatian, proses pemutakhiran data, verifikasi dan validasi  melibatkan semua unsur terkait baik BPD, RT dan relawan," Ungkap Heriadi.



Selanjutnya Heriadi mengakui bahwasannya BPD Dilibatkan penuh untuk memberikan masukan dan pertimbangan melalui musyawarah dan rapat.


" Memang saya akui BPD dilibatkan secara penuh memberi masukan dan pertimbanangan melalui musyawarah, dan rapat - rapat termasuk membentuk relawan untuk mendata calon KPM, dan BPD melakukan verifikasi data sebelum ditetapkan oleh Kepala Desa," Terangnya.(aza)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here