Pemkab Lahat Luncurkan Kartu Berobat Gratis. - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 28 Juni 2021

Pemkab Lahat Luncurkan Kartu Berobat Gratis.


LAHAT,MJ – Kabupaten Lahat telah mengintegrasikan 119.441 penduduknya serta 6.254 jiwa Kepala dan Perangkat Desa beserta anggota keluarganya dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.


Dengan jumlah tersebut, jumlah penduduk Lahat yang terdaftar JKN-KIS telah mencapai 418.950 jiwa atau 96,23%. Dengan jumlah persentase tersebut, kini Kabupaten Lahat telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).


Menurut Bupati Lahat Cik Ujang, pada sela-sela acara berlangsung di gedung pertemuan Pemda Senin (28/6/2021), Pemerintah Kabupaten Lahat selalu berupaya untuk memberika pelayanan kesehatan yang terbaik kepada setiap warganya. UHC yang dicapai oleh Kabupaten Lahat merupakan wujud dari kepedulian dan komitmen Pemerintah Kabupaten Lahat dalam upaya meningkatkan kualitas derajat Kesehatan masyarakat.



“Kami mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Lahat untuk dapat memanfaatkan Kartu JKN-KIS ini dengan baik dan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Kepada seluruh tenaga kesehatan melalui Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin kepada masyarakat Kabupaten Lahat,” ujar Cik Ujang dalam sambutannya pada kegiatan Launching UHC Kabupaten Lahat, Senin (28/06).


“Program berobat gratis di Lahat tetap berjalan, hanya saja sekarang sistem pembiayaannya melalui BPJS,” imbuh Cik Ujang.


Di sisi lain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Harry Nurdiansyah, memberikan apresiasi terhadap pencapaian UHC Kabupaten Lahat. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lahat mempunyai niatan mulia dan berkeinginan kuat untuk mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta Program JKN-KIS. Dirinya juga berharap pencapaian UHC Kabupaten Lahat dapat menjadi contoh bagi daerah lain khususnya di Provinsi Sumatera Selata

“Dengan telah tercapainya Universal Health Coverage (UHC) serta telah terintegrasikan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Lahat, maka setiap penduduk di Kabupaten Lahat dapat memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, baik itu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dan terjangkau,” kata Harry.


Kegiatan launching UHC tersebut juga diwarnai dengan pemberian Kartu JKN-KIS secara simbolis oleh Bupati Lahat dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau kepada perwakilan masyarakat, Kepala Desa, dan Perangkat Desa. (Idham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here