Giat Tanam Benih Holtikultura Bersama DKPP Dan Wali Kota Surabaya - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 09 Juni 2021

Giat Tanam Benih Holtikultura Bersama DKPP Dan Wali Kota Surabaya


Surabaya.matajurnalis.com - Pagi ini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama dengan jajarannya memanen padi di halaman Taman Surya Kota Surabaya. Setelah menunggu selama tiga bulan, akhirnya tanaman padi yang ditanam menggunakan bak fiber ini sudah bisa dipanen, rabu (09/06).


Wali Kota Surabaya Eri mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar Surabaya harus tetap bisa mempertahankan pangannya dengan melakukan urban farming.


“Jadi tidak harus padi itu ditanam di tanah di lahan yangbesar, tetapi kita memberikan kepada warga Surabaya ini harus tetap bisa mempertahankan pangannya dengan melakukan urban farming” ujar Eri. 


Jenis padi yang ditanam di Halaman Taman Surya tersebut merupakan varietas tanaman padi Ciherang. Padi yang ditanam di 18 bak fiber ini mampu mengahsilkan 72,3 kilogram saat dipanen, hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Yunianto Herlambang.


“Jenis ini tahan terhadap hama banyak yang kuat ini, ini hanya percontohan jadi nanti kita selep kurang lebih hasilnya mungkin gabah kering 72 kiloan mungkin susutnya ya 60%” ujar Kepala DKPP Kota Surabaya.


Yunianto Herlambang menambahkan bahwa warga Surabaya juga bisa mendapatkan bibit padi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.


“Hanya percontohankan ini, jadi masyarakat bisa mencontoh di bak-bak mungin bak kecil-kecil itu bisa ditanam. Nanti bibitnya bisa dari DKPP, selama inikan bukan hanya bibit ini saja, hidroponik juga kita bisa menyediakan” lanjut Kepala DKPP Kota Surabaya.


Selain tanaman padi, Pemerintah Kota Surabaya juga membudidayakan tanaman lain seperti cabe, tomat, selada air dan tanaman hortikultura yang lain.#Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here