Desa Manggul Lounching Pilot Project Desa Cantik, Wabup Lahat : Apresiasi dan Jadikan Contoh - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 30 Juni 2021

Desa Manggul Lounching Pilot Project Desa Cantik, Wabup Lahat : Apresiasi dan Jadikan Contoh


LAHAT,MJ -- Wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE MM didampingi Perwakilan BPS Sumsel, Kepala BPS Lahat, Camat Kota Lahat dan Kepala Desa Manggul membuka tirai di launching pilot project  desa cantik (desa cinta statistik ) tahun 2021 Bertempat di kantor desa Manggul Kecamatan kota Lahat kabupaten Lahat Rabu (30/06/2021) 


Sebelum sambutan di tampilkan video penayangan desa cantik , apa itu desa cantik 

agar bisa memahami pengolahan data, badan pusat statistik implementasikan melakukan pengolahan data desa sehingga nantinya Desa mempunyai datanya yang lengkap akurat dan berkualitas .


Kepala desa Manggul Hermansyah mengucapkan terimakasih dari 370 desa kelurahan/ desa di Kabupaten Lahat, desa  Manggul menjadi  percontohan desa cantik perwakilan dari kabupaten Lahat .


"Saya sangat senang dalam pemilihan desa cantik, selama ia menjabat sebagian besar perangkat desa telah mampu memanfaatkan teknologi . Dan di kantor desa Manggul juga telah menyediakan komputer laptop, printer dan WiFi bagi perangkat desa dan masyarakat yang membutuhkan misal seperti anak anak yamg membutuhkan dalam belajar online," katanya  .


"Desa Manggul telah akrab dengan kegiatan statistik salah telah pernah posko SP Online salah satunya  pengisian sensus penduduk.

Harapan kami kedepan untuk pembinaan statistik yang dilakukan BPS dapat miliki data lengkap yang nanti bisa di gunakan sebagai pedoman dalam perencanaan pembangunan desa menjadi objektif dan tepat sasaran," kata Hermansyah .


Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lahat, Ir. Hj. Chairanita Kurniarita M.Si  mengatakan Pencanangan atau launching Desa cantik (Desa Cinta statistik) ini merupakan program nasional Badan Pusat Statistik yang bertujuan implementasi penguatan pengelolaan data yang berstandar nasional di level desa dalam pembangunan desa dan pemerintahan desa.


Program Ini dilaksanakan hanya di 100 desa yang ada di Indonesia untuk Sumatera Selatan itu ada 4 Kabupaten yang yang terpilih dari ribuan desa yang ada di Indonesia ini sehingga hanya 100 desa dan 4 kabupaten/ kota ada di Sumatera Selatan yaitu di Kabupaten Empat Lawang, kelurahan Pagar alam, Oku dan di Lahat sendiri di desa manggul .


Alhamdulillah kita Kabupaten Lahat terpilih dari pilot survei 100 Desa ini yang kegiatan ini didasarkan pada undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia dimana peran dan sebagai satuan wilayah terkecil di mana desa sebagai kesatuan wilayah terkecil menjadi sangat strategis dan penting dalam proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Untuk itu saatnya Desa tidak hanya sebagai objek pembangunan tetapi juga sebagai subjek pembangunan desa dapat membangun data-datanya sendiri sebagai dasar perencanaan pembangunan dan sesuai dengan peraturan . selaku Pembina data BPS siap membantu pendampingan dalam hal ini yang akan dilaksanakan di desa manggul sebagai salah satu program Desa cantik .


Perwakilan Kepala BPS Sumsel melalui kordinator fungsi statistik produksi 

Ir. Irwanto MM mengatakan Dalam tayangan video kegiatan program Desa cantik tadi adalah mendekatkan kegiatan BPS kepada unit terkecil di desa, 


"Dan kami mengapreasi kepada desa Manggul  yang di kantor desa ini, perangkat wi-fi nya dan pendataannya dan desa manggul kabupaten Lahat jadi percontohan.

 Di desa manggul ini sudah tersedia perangkat yang sudah bisa memberikan membantu BPS di dalam data online yang  yang baik yang dilakukan oleh Kepala Desa ini yang sarana dan prasarananya sudah cukup lengkap kita beri apresiasi," katanya.


 Harapannya semua desa pilot project yang ada di Sumatera Selatan ini dapat berhasil ini tidak stop sampai di sini, tapi  berkesinambungan dan tim dari pembina di BPS Kabupaten Lahat siap untuk melakukan audiensi atau memberikan edukasi kepada Desa .


"Harapan kita kedepan desa Manggul ini menjadi yang top diantara 100 desa dan perlu semua peran dari semuanya untuk mensuplai data atau tentang informasi-informasi apa yang bisa disampaikan," katanya .


Se

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here