Bupati Manokwari dan Dandim 1801/Mkw Buka Turnamen Futsal - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 25 Juni 2021

Bupati Manokwari dan Dandim 1801/Mkw Buka Turnamen Futsal


MANOKWARI,MJ -- Bupati Manokwari Hermus Indo didampingi Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm. Airlangga membuka turnamen Futsal Seputaran Wilayah Sangeng Tengah (SWIST) di GOR Sangseng Manokwari,Kabupaten Manokwari,Provinsi Papua Barat,Jumat (25/06/2021)


Pembukaan diawali dengan tendangan bola ke gawang oleh Bupati dan Dandim 1801/Manokwari. Turnamen Futsal ini didukung Kodim 1801/ Manokwari sebagai bagian dari giat teritorial kepada masyarakat melalui program Komunikasi Sosial Kreatif di bidang olahraga.


Turnamen direncanakan akan berlangsung selama 10 hari mulai hari ini, 25 Juni hingga 16 Juli 2021 mendatang. Turnamen diikuti oleh 30 tim dibawah usia 15 tahun (usia dini laki-laki mulai dari 7 – 15 tahun) dan 14 tim Galanita (wanita usia 17 – 20 tahun) dan berlangsung dalam sistem setengah kompetisi.


Dalam sambutannya, Bupati Manokwari Hermus Indo menyampaikan "bahwa pihaknya mengapresiasi digelarnya turnamen Futsal SWIST ini". Menurutnya, turnamen ini merupakan salah satu cara agar anak-anak potensial di Sangeng lebih terarah sambil mengajarkan mereka arti penting kebersamaan dan sportifitas. 


“Harapan saya dengan turnamen ini, diharapkan akan menjadikan anak-anak lebih nyaman dan merasa aman ditengah suasana yang kondusif di tengah masyarakat Sangeng.” Ujar Bupati


Selain itu, Bupati Manokwari juga sangat mengapresiasi dukungan oleh Kodim 1801/ Manokwari.Turnamen ini diinisiasi panitia agar Futsal kali ini dapat terlaksana aman dan lancar. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm. Airlangga yang telah mendukung turnamen yang menurutnya memiliki arti penting bagi para anak-anak untuk saat ini.


“Semoga apa yang menjadi dukungan Bapak Dandim ini, dapat terus berlanjut di turnamen-turnamen selanjutnya.” Ungkap Herman Indo.


Sementara itu, dalam keterangannya, Kolonel Arm. Airlangga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan turnamen Futsal ini. Khususnya apresiasi positif dan antusiasmenya Bapak Bupati terhadap gelaran turnamen ini.

“Semoga turnamen ini dapat memberi nilai positif kepada generasi pemuda di Manokwari. Dan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencari bibit-bibit unggul atlet futsal. Mengingat di Papua barat sebenarnya merupakan gudangnya atlet yang sangat potensial untuk bisa dikembangkan, sehingga olahraga ini dapat berprestasi baik tingkat daerah maupun nasional.” Terang Airlangga.


Ditambahkan Airlangga, melalui turnamen Futsal ini, dirinya berharap masyarakat dapat lebih meningkatkan kecintaannya terhadap olahraga. Karena menurutnya yang utama sebenarnya adalah dengan melalui olahraga, kita dapat memupuk semangat kekeluargaan dan kebersamaan.  


Hal tersebut menurutnya sangat penting, karena masyarakat Papua memiliki aneka ragam budaya dan latar belakang karakteristik yang berbeda-beda. Dengan adanya turnamen yang diikuti oleh 30 tim dari berbagai wilayah ini, diharapkan akan tumbuh semangat toleransi antar masyarakat untuk saling memahami satu sama lain.  Tumbuh pula rasa kasih sayang dan kedamaian di tanah Papua demi menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia.


“Menang kalah menurutnya adalah hal yang biasa. Yang penting terjalin kebersamaan, persaudaraan, kekompakan dan saling menghargai antar sesama peserta.” Ujarnya


Lebih lanjut Airlangga memberikan dana pembinaan sebagai bentuk kepedulian Kodim 1801/Manokwari guna menstimulus para generasi muda, yang disebutnya para atlet yunior, agar makin semangat berlatih dan berprestasi. Sehingga menurutnya, melalui kegiatan yang bisa rutin digelar ini, kebiasaan-kebiasaan negatif para remaja, dengan sendirinya akan semakin berkurang.


Ditambahkan Airlangga dirinya juga telah meminta Koramil Kota untuk mengamati, bertugas seperti menjadi talent scouting untuk bisa mengidentifikasi bakat-bakat potensial para atlet-atlet muda ini. Dirinya juga menekankan sebenarnya apapun kegiatan olahraga, apalagi terkait dengan pembinaan dan prestasi, maka harus ada upaya untuk bisa memonitoring bakat para atlet. Bisa dari para pelatih, maupun dari pihak-pihak terkait yang berkepentingan dalam pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga.


“Saya instruksikan kepada jajaran koramil Kota untuk memantau pelaksanaan turnamen ini agar dapat ditindaklanjuti dengan pembinaan yang berlanjut dan berjenjang. Bukan hanya berhenti sampai di tunamen ini saja. Karena saya yakin pasti nanti ada atlet berbakat yang bisa dibina lebih intensif sebagai atlet potensial asal Manokwari dan Papua Barat di masa depan.” Tegas Airlangga yang juga mantan atlet taekwondo DKI Jakarta dan pernah berhasil menjadi Komandan Pelatnas untuk Timnas Taekwondo Indonesia yang banyak menorehkan prestasi di kejuaraan tingkat internasional.


Selain Bupati dan Dandim 1801/ Manokwari, dalam acara pembukaan Turnamen ini juga dihadiri oleh Kapolres Manokwari yang diwakili oleh Kasat binmas, Anggota DPRD Kabupaten Manokwari Sopia Warikar, Kasdim 1801/Mkw Letkol Inf. Saheri, Danramil Kota dan masyarakat di dilingkungan Sangeng. Turnamen Futsal kali ini memperebutkan 14 tropy, terdiri dari piala bergilir putra -putri, tropy top Skor putra-putri, Tropy juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan putra –putri dan tropy pemain terbaik putra-putri.(one007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here