Warga Sesalkan UPL DLH Lahat Terhadap Pembuangan Limbah Cair Batu Bara Di Sungai Kungkilan Diduga Diabaikan - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 23 April 2021

Warga Sesalkan UPL DLH Lahat Terhadap Pembuangan Limbah Cair Batu Bara Di Sungai Kungkilan Diduga Diabaikan


LAHAT,Matajurnalis.com  - Warga Desa Muara Maung, Kecamatan Merapi Barat, Lahat, saat ini menyesalkan Upaya Pengawasan Lingkungan (UPL) yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat terhadap proses pembuangan limbah cair batu bara ke Sungai Kungkilan. 


Menurut warga, sampai sejauh ini tidak ada upaya dari DLH Lahat untuk merespon  dampak dari pencemaran Sungai Kungkilan yang mengakibatkan timbulnya kerugian bagi warga Desa Muara Maung.


"Mano pengawasan dari DLH Lahat, sepengetahuan kami ado pengawasan rutin setiap bulannya tapi apo hasilnyo bahkan Perusahaan tambang semakin lamo semakin sewenang - wenang membuang limbahnya ke aliran Sungai Kungkilan," keluh.........


Sementara itu, Ketua Aktivis Lingkungan Hidup Anak Padi mengungkapkan, warga sudah 2 tahun mempertanyakan kejelasan  hasil identifikasi dan verifikasi yang dilakukan DLH Lahat terkait pencemaran limbah di Sungai Kungkilan. 


Bahkan beberapa hari yang lalu Lanjut Sahwan, dirinya mendampingi perwakilan dari warga datang untuk meminta hasil identifikasi dan verifikasi yang dilakukan DLH Lahat. Namun pihak DLH tidak sendiri tidak mau menjelaskan hasil itu.


"Pihak DLH Lahat beralasan bahwa hasil identifikasi dan verifikasi adalah rahasia negara jadi kita tidak berhak mengetahui hasilnya, apakah memang demikian prosedurnya," ungkap Sahwan. 


Terlebih lagi sambung Sahwan, proses identifikasi dan verifikasi yang dilakukan DLH Lahat terhadap pencemaran Sungai Kungkilan dan tuntutan ganti rugi bagi seluruh korban terdampak limbah telah dilakukan DLH Lahat sejak awal bulan Januari 2020 lalu. 


"Sampai sekarang warga pun belum tahu hasilnya bagaimana, sedangkan warga sangat menantikan hasilnya," pungkasnya.


Sementara itu Kepala DLH Lahat Agus Salman melalui Kabid Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Eddy Suroso ST  saat dikonfirmasi melalui Via WhasApp belum memberikan klarifikasinya terkait persoalan ini.#INK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here