Sambut Bulan Ramadhan, Ini Yang Dilakukan Anggota Pengajian Al Islah Desa Talang Balai Baru I - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 07 April 2021

Sambut Bulan Ramadhan, Ini Yang Dilakukan Anggota Pengajian Al Islah Desa Talang Balai Baru I


INDRALAYA, MJ - Dalam rangka Syukuran dan Ruwahan, Puluhan ibu - ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian Al Islah, serta dari berbagai kelompok pengajian Sekecamatan Tanjung Raja menggelar pengajian bersama, Rabu (7/04/2021) di Desa Talang balai Baru I, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir.


Pengajian digelar dalam rangka syukuran dan menyambut bulan suci ramadhan, diikuti penuh antusias oleh ibu - ibu anggota pengajian. Dengan kehadiran Al ustad Idrus Junaidi S.Pdi pimpinan Pondok Pesantren Sriwijaya Desa Tanjung Temiang Kecamatan Tanjung Raja menambah suasana pengajian semakin terasa akrab penuh kekeluargaan.


Dalam tausiahnya Idrus Junaidi S.Pdi mengatakan, Ruwahan itu dikenal dengan syakban, rejab, ruwah itu sama dengan puasa, sejarah orang gelar ruwahan itu sudah sejak lama, dijawa itu namanya ruwatan, disedekahan ruwatan itu keluarga dan tetangga dikumpulkan yang mana makanan berupa ketan menjadi simbol, yang mengandung arti mengeratkan kembali persaudaraan yang lama tidak berkumpul.


" Ini murni tradisi yang dikawinkan dengan ajaran islam, Yang namanya manusia itu sudah pasti ada dosa, jadi bulan ramadhan bulan pengampunan yang mana sebelumnya kita sambut dengan mensucikan diri dengan sedekah ruwah," katanya.


Lebih lanjut ustad Idrus menyampaikan, nanti dalam bulan ramadhan apa saja yang puasa, puasa ramadhan adalah puasa lahir bathin.


" Ya, Banyak orang yang puasa hanya dapat lapar dan haus saja, karena apa selama melakukan puasa masih saja berperilaku tidak baik seperti mencemooh orang," ujarnya.



Selain itu Idrus  juga menjelaskan kepada seluruh yang hadir bahwasannya ada empat Ciri orang penghuni surga, diantaranya :

1. Orang yang berinfaq dalam keadaan lapang dan sempit.

2. Orang yang menahan emosi

3. Orang yang mau memaafkan salah orang lain

4. Terlanjur berbuat dosa dia beristifar dan tidak mengulanginya lagi.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here