Budidaya Semangka Bumdes Berkah Desa Belanti Tembus Omset Ratusan Juta Rupiah - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 12 April 2021

Budidaya Semangka Bumdes Berkah Desa Belanti Tembus Omset Ratusan Juta Rupiah


INDRALAYA, MJ – Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa mulai nampak. Salah satunya adalah Bumdes Berkah 22 Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.


Bumdes tersebut belakangan ini mulai tekun membudidayakan semangka, sehingga memperoleh omzet mencapai ratusan juta rupiah.

Alasan Bumdes membudidaya semangka karena melihat kualitas buah berwarna merah dan kuning tersebut sangat baik dikembangkan di Desa Belanti.

" Kami melihat potensinya bagus. Tanahnya juga bagus. Sehingga mencoba melakukan budaya semangka di sini," kata Kepala Desa Belanti, Irwani Minggu (11/04/2021) di sela-sela kegiatan memanen buah semangka.

Dikatakan Irwani, semangka yang dikembangkan oleh BUMDES Berkah 22 jenis semangka inul dan semangka non biji selain dipasarkan di Ogan Ilir juga dipasarkan ke lahat, Prabumulih dan Baturaja juga luar Propinsi.


" Jenis semangka inul merah dan kuning, itu selain dipasarkan di Lahat, Prabumulih dan Baturaja juga dikirim ke Jambi," ujarnya.

Dijelaskan Irwani, Modal awal bibit 13.000 bibit terbentang diareal perkebunan dengan luas 10 hektare, dan hasil setelah dipanen tembus 100 ton buah semangka segar.

" Begitu panen,  langsung diborong agen buah dengan harga semangka inul kuning 4 ribu perkilo, semangka inul merah 3 ribu per kilo," Jelas Irwani

Perihal yang sama diungkapkan Ketua BUMDES Berkah 22 melalui Bendaharanya Darmawansyah, ia menuturkan Untuk saat ini, Bumdes Berkah menanam semangka di atas lahan seluas 10 hektare dengan jumlah bibit sekitar 13 ribu bibit dengan potensi 100 ton buah semangka dalam empat kali panen.


" Ya, kedepannya kami akan terus mengembangkan Bumdes Berkah 22 disektor pertanian, untuk selanjutnya sesuai cuaca setelah semangka ini kita akan tanam jenis sayuran seperti terong dan cabe," Tutur Wawan.


Sementara itu apresiasi datang dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Belanti, apresiasi itu diungkapkan langsung oleh Yusran, ia sangat mengapresiasi kinerja pemerintahan Desa Belanti melalui BUMDES Berkah 22 yang telah merealisasikan usaha dibidang pertanian dengan perkebunan semangka yang melibatkan langsung warga Desa Belanti.


" Ya, kalau bisa Usaha BUMDES Berkah 22 ini bukan hanya dibidang pertanian saja, saya lihat di Desa Belanti sangat potensi juga untuk budi daya pemeliharaan ikan, baik pembibitan maupun pembesaran, jadi harapannya kedepan usaha pertanian jalan ditambah juga budi daya usaha dibidang perikanan." Terang Yusran selaku Ketua BPD Desa Belanti. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here