Kades Blimbing Impikan Desa Bersih Pungli, Aman,Kondusif dan Pelayanan Prima - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 Maret 2021

Kades Blimbing Impikan Desa Bersih Pungli, Aman,Kondusif dan Pelayanan Prima


KENDAL, matajurnalis.com - Bersih dari aksi pungutan liar, dan selalu mengedepankan musyawarah bersama jika ada masalah, Itu sebuah prestasi yang di harapkan Sutrisno sebagai Kepala Desa Blimbing Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. 

Empat tahun kurang lebih memimpin Desanya, Kepala Desa (Kades) Sutrisno,  berusaha terus membangun semangat gotong-royong dan menghilangkan pelayanan ala birokrasi yang bertele-tele. Mulai pembuatan KTP, mengurus akte kelahiran, hingga surat pernikahan, warganya tidak pernah dipersulit, membantu memperlancar segala bentuk bantuan dari Pemerintah baik BLT, BST maupun Bansos Covid-19.

"Apalagi saat ini situasi sulit karena pandemi Covid-19, sebagai Kades harus selalu aktif bersama Pemerintah Desa dan masyarakat untuk menciptakan suasana nyaman kondusif, dengan memberikan sosialisasi,  PPKM berbasis Mikro dan (3M) tetap mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, agar tetap sehat, supaya segera memutus penularan, penyebaran mata rantai virus corona", ujarnya.

"Semangat gotong-royong warga sudah biasa dan tidak ada lagi pamrih, pungli pun semua hilang berkat kepedulian bersama", kata Kades Sutrisno.

"Alhamdulillah bisa dikatakan nggak ada lagi pungli di Desa yang saya pimpin. Kalau betulin jalan yang rusak, bangun masjid semuanya ya gotong-royong dan transparan," ujar Kades saat di temui wartawan, Rabu (10/3/2021).

Sutrisno menturkan dari perjalanan awal perjuangan memimpin Desanya yang tidak sedikit jumlah jiwanya cukup berat menurutnya, menyatukan pola pikir agar bisa selaras adalah perjuangan yang butuh proses waktu secara bertahap, aktif berkomunikasi dari rumah ke rumah warga. Cara ini dilakukannya untuk mengetahui apa yang di inginkan warga dalam kepemimpinannya.

"Hampir setiap kegiatan saya begitu terus, kasih contoh ini, begini, itu harusnya begitu, tidak mudah, berat, tapi harus dilakukan sebagai Kades untuk menciptakan Desa aman, nyaman dan kondusif", ungkapnya.

Selain aktif berkomunikasi dengan warga, Kades Sutrisno juga mengarahkan jajaran perangkat bawahannya untuk bisa melayani warga sepenuh hati, cara ini juga tidak sulit karena dirinya ikut memberikan contoh langsung kepada bawahannya, sikap santun, ramah dan tidak pamrih dilakukannya sebagai contoh seorang pemimpin, pengayom dan pelayan warganya.

"Harus siap berkorban dengan waktu, semuanya ada imbalan kepuasan hati. Ya sekarang kepuasan bisa dilihat kalau warga senang,  jalan-jalan kampung baik,  mereka bisa gotong-royong. Kalau ada masalah tidak harus ke Polisi, tapi pakai cara musyawarah. Yang bagusnya lagi, cara pungli sudah tidak ada, semuanya berjalan ikhlas untuk saling bantu", imbuhnya.

Pihaknya selalu memberikan pelayanan administrasi yang mudah dan bersih, menciptakan Desa Blimbing aman, nyaman dan kondusif bersih pungli, semua itu tidak lepas dari sinergitas warga dan Pemerintah Desa", ujarnya.

Sutrisno berharap Desa Blimbing "Mudah-mudahan kedepannya dengan kepemimpinan saya.bisa berlanjut dan konsisten bersama warga untuk lebih baik, karena kalau bukan sama warga Desa, siapa lagi?", pungkas Kades. (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here