Bupati Ogan Ilir Buka Musrenbang 2022, Komitmen Tingkatkan Pelayanan Dasar Guna Membangkitkan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Menuju Ogan Ilir Bangkit - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 31 Maret 2021

Bupati Ogan Ilir Buka Musrenbang 2022, Komitmen Tingkatkan Pelayanan Dasar Guna Membangkitkan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Menuju Ogan Ilir Bangkit


INDRALAYA,matajurnalis.com - Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022, untuk menuju Ogan Ilir Bangkit.


Kegiatan Musrenbang digelar di Aula Caram Seguguk, Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Indralaya, dipimpin Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, Rabu (31/3/2021).


Musrenbang kali ini mengambil tema 'Peningkatan Pelayanan Dasar Guna Membangkitkan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat'.


Setelah menyimak laporan Kepala Bappeda Ogan Ilir, Panca mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten Ogan Ilir merupakan implementasi amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.


"Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini juga berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah," kata Panca yang juga didampingi Wakil Bupati, Ardani, Sekretaris Daerah (Sekda) Muhsin Abdullah ketua DPRD Ogan Ilir Suharto, Kajari OI, Kapolres OI,Dandim 0402 OKI- OI dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.


Selain itu, lanjut Panca, Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 juga memuat tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.


Oleh karenanya, Musrenbang ini tentunya sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Upaya mewujudkan tujuan tersebut, telah dan sedang kita laksanakan bersama. Meskipun satu tahun terakhir ini, kita dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat di semua lapisan," terang Panca.


Panca memaparkan, sesuai janji kampanye saat sebelum Pilkada, ada beberapa fokus pembanguan yang tertuang dalam misi, di mana visinya adalah menuju Ogan Ilir Bangkit.


Adapun kelima misi yang telah ditetapkan yaitu, pertama membangkitkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat secara inovatif, kreatif, berbudaya, dan bertanggung jawab.


Kedua, membangkitkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata, guna mewujudkan sumber daya manusia yang berprestasi dan terdepan. 


Ketiga, membangkitkan perekonomian daerah melalui kolaborasi seluruh komponen masyarakat, dan membangkitkan gairah investasi.


Keempat, membangkitkan pembangunan infrastruktur wilayah perkotaan sampai pelosok pedesaan guna pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. 


Kelima, membangkitkan gairah politik, demokrasi, ketentraman, ketertiban masyarakat, beriman dan bertakwa, serta menjunjung hukum dan HAM sebagai masyarakat yang berbudaya, bermoral dan beretika, dalam suasana aman dan nyaman. 


"Adapun lima misi di atas adalah dalam rangka mencapai visi yaitu 'Ogan Ilir Bangkit Menuju Masyarakat Yang Lebih Sejahtera Berkualitas Berdasarkan Iman, Moral dan Etika'," jelas Panca.


"Pada kesempatan yang baik ini, saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Ilir dalam menyusun Rancangan RKPD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022, agar mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuhnya.


Ia juga berharap melalui penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun ini, program dan kegiatan prioritas yang telah disusun dan disepakati, akan menjadi bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Ogan Ilir tahun 2022.


Panca juga menggarisbawahi, pembanguan daerah akan terlaksana dengan baik berkat kerjasama semua pihak, seluruh lapisan masyarakat.


"Bupati dalam hal pembangunan, tidak bisa bekerja sendirian, namun juga memerlukan partisipasi seluruh masyarakat untuk merealisasikan janji kampanye kami menuju Ogan Ilir Bangkit," jelas Panca.Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here