Terkait Tak Adanya Dana Ganti Rugi Pemda Lahat Tetap Berharap Masyarakat Hibahkan Lahannya. - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 11 Februari 2021

Terkait Tak Adanya Dana Ganti Rugi Pemda Lahat Tetap Berharap Masyarakat Hibahkan Lahannya.

# Zubhan Awali Camat Lahat di Dampingi Lakoni Tasti Masyarakat Desa Manggul #


LAHAT,MJ. -- Program kerja jangka panjang yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat terkait adanya Wacana Perluasan Kota Lahat dan Pusat Perkantoran dua wilayah Kecamatan Kota dan Kecamatan Lahat Selatan diperkirakan panjang jalan 6 Km direncanakan terealisasi tahun 2041 mendatang.

Namun untuk mewujudkan program kerja jangka panjang ini telah dimulai dari sekarang tahun 2020 -- 2021 yang mana diketahui secara umum Pemerintah Daerah melalui Kepala Wilayah dua Kecamatan telah berkordinasi dengan masyarakat pemilik lahat yang terkena dampak dari Perluasan Kota dan Pusat Perkantoran Pemerintah Daerah Kedepan agar dapat menghibahkan Lahannya secara ikhlas tanpa adanya ganti rugi.

Hal ini dikutif dari perkataan Zubhan Awali Camat Kota Lahat didampingi Lakoni Tasti masyarakat Desa Manggul (11/2) ketika diwawancarai awak media dikantornya mengatakan dari Lima Desa dalam wilayah Kecamatan Kota Lahat yang Lahan perkebunan dan pertanian murni milik masyarakat terkena dampak agar dapat menghibahkan Lahannya tanpa adanya uang ganti rugi guna untuk perkembangan pembangunan Kabupaten Lahat dan kelancaran roda perekonomian masyarakat dengan Wacana Perluasan Kota Lahat.

Zubhan Awali Camat Kota Lahat mengakui kondisi saat sekarang untuk ganti rugi lahan masyarakat memang tidak ada, tetapi Pemerintah Daerah akan berusaha dan  berupaya semaksimal mungkin untuk mengadakan uang ganti rugi bagi lahan masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan Perluasan Kota Lahat dan Pusat Perkantoran Pemerintah Kedepan.

Harap camat selaku Kepala Wilayah mewakili pemerintah Daerah kalau masyarakat setuju dan mengerti akan prospek kedepannya seperti apa nantinya maka program pembangunan akan berjalan lancar dan dapat terwujud sesuai rencana kerja pemerintah.

Dimana untuk tiga desa dalam wilayah kecamatan Kota Lahat yang diperkirakan ada 15 KK sebagai Pemilik Lahan yaitu Desa Manggul masyarakatnya setuju menghibahkan Lahannya dengan Lebar 10 M panjang 10 M guna untuk dilalui dan dibangun sedangkan untuk desa Ulak Lebar maupun desa Pandang Lengkuas masih belum ada keputusan iya dan tidaknya, kalau untuk desa lahan masyarakat desa karang Endah dan lahan masyarakat desa Lubuk Kepayang ini warga desa Kecamatan Merapi Barat bukan masuk Wilayah Kecamatan Kota Lahat.

Cukup diketahui lanjut Zubhan bila terwujud perluasan Kota Lahat dan Pusat Perkantoran Pemerintah Daerah di wilayah dua kecamatan ini, propek kedepan setelah pembangunan maka akan jelas terjadi harga tanah bernilai jual tinggi, masyarakat dapat membuka usaha di sekitar perkantoran  juga bagi masyarakat yang masih berkebun dan bertani otomatis menjadi lancar karena jalan yang dilalui bukan berbentuk tanah dan lumpur melainkan jalan berlapis Aspal dan sangat melancarkan perekonomian masyarakat katanya.

Laporan. Idn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here