Sekda Imbau ASN Tingkatkan Komitmen Layanan Terbaik untuk Masyarakat - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 23 Februari 2021

Sekda Imbau ASN Tingkatkan Komitmen Layanan Terbaik untuk Masyarakat


TEGAL, matajurnalis.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, DR. Johardi menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Kecamatan Margadana untuk selalu meningkatkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. 

Hal ini disampaikan Sekda saat memberikan pembekalan kepada Perwakilan ASN se-Wilayah Kecamatan Margadana, Selasa (23/2/2021) di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Margadana.

Hadir dalam pembekalan tersebut, Asisten Administrasi Umum Subagyo, Plt. Inspektur Kota Tegal Imam Badarudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Gito Mursriyono, Kepala Badan Keuangan Daerah R. Supriyanta, Kepala Bagian Pemerintah dan Kerjasama Daerah Agus Arifin, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan M. Rudy Herstyawan dan perwakilan dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Camat Margadana Cipto Darsono dan Lurah, Sekretasis Lurah dan Kepala Seksi se-Wilayah Kecamatan Margadana. 

Dalam pembekalannya, Johardi menekankan beberapa hal, menyangkut urusan kewilayahan baik di kecamatan dan di kelurahan. Seperti keuangan, kepegawaian, pertanahan, politik dan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Terkait masalah keuangan, Sekda menghimbau agar anggaran digunakan sesuai dengan program-program yang sudah di rencanakan, jangan sampai disalahgunakan. Sebab menurutnya, akan ada resiko yang di tanggung jika penggunaan tidak sesuai dengan aturan.

Di bidang Kepegawaian, Johardi mengingatkan pentingnya menjaga kedisiplinan ASN. Ia menyampaikan apabila ada ASN yang telah melanggar aturan kedisiplinan ASN sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010, atasan wajib menegur ASN tersebut. "Ini dilakukan agar tidak menjadi contoh bagi ASN-ASN lain di lingkungan kerjanya," jelas Johardi.

Untuk bidang Politik, Ia berpesan agar ASN harus memberikan informasi yang tepat, ASN harus netral dan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sesuai dengan aturan. "Jangan sampai ASN malah memberikan keresahan kepada masyarakat," pinta Johardi.

Secara spesifik khusus untuk bidang pertanahan, Sekda menghimbau khususnya ASN di wilayah kelurahan, terkait dengan Surat Keterangan Waris (SKW) agar dalam kepengurusan SKW dibuat dengan cermat, betul-betul berkoordinasi dengan pihak-pihak yang mengerti betul terkait informasi waris tersebut. 

“Jangan sampai ASN malah memihak ke salah satu pihak yang sedang terlibat dalam persoalan tanah waris, berikan solusi dan jalan keluar untuk bersama,” himbau Johardi.

Terakhir, Sekda menyinggung terkait persoalan SARA, bahwa pihak kelurahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, harus mewaspadai jika ada kelompok-kelompok yang membuat gaduh terhadap kenyamanan masyarakat. Johardi meminta ASN untuk segera lakukan langkah-langkah koordinasi dengan intitusi terkait, koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) untuk menangani persoalan tersebut.

Secara umum, Sekda menilai bahwa kegiatan di Kecamatan Margadana semuanya bisa berjalan dengan baik. Dari segi keamanan, Ia juga menyampaikan bahwa kodisi relatif kondusif, Ia menyampaikan bahwa tolak ukurnya adalah tidak andanya persoalan di wilayah kecamatan Margadana yang sampai mencuat keatas, atau ada persoalan-persoalan di masyarakat yang harus diselesaiakn di tingkat yang lebih tinggi.

Ia berharap, kondisi masyarakat kota Tegal akan sama dengan kondisi di kecamatan Margadana, bisa menjaga kondusifitas, dan ASN baik kecamatan dan kelurahan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Dengan modal komitmen tersebut, Sekda yakin persoalan-persoalan yang ada di wilayah bisa tertangani dengan baik.

“Saya berharap, kondisi masyarakat Kota Tegal akan sama dengan kondisi di Kecamatan Margadana, bisa menjaga kondusifitas, dan ASN baik kecamatan dan kelurahan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Dengan modal komitmen tersebut, Sekda yakin persoalan-persoalan yang ada di wilayah bisa tertangani dengan baik,” pungkas Johardi.

Camat Margadana, Cipto Darsono, dalam giat tersebut juga berpesan kepada Lurah dan Jajaran yang berada di Lingkungan Kecamatan Margadana agar jika terjadi suatu masalah di wilayahnya bisa berkoordinasi dengan pihaknya, tetap menjaga kekompakan dan jalin komunikasi antara ASN.

“Mudah-mudahan, dengan pembinaan Sekda ini, bisa lebih bersemangat ASN di lingkungan kecamatan Margadana, dan apa yang sudah di sampaikan, bisa segera dilaksanakan, baik di jajaran kecamatan maupun kelurahan,” ujar Camat Margadana. (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here