Pra TMMD Sengkuyung Bumiayu Brebes Kebut Pekerjaan Talud dan Riol - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 23 Februari 2021

Pra TMMD Sengkuyung Bumiayu Brebes Kebut Pekerjaan Talud dan Riol


BREBES, matajurnalis.com – Pembangunan infrastruktur desa di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, secara lintas sektoral melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), di awal tahun 2021 ini difokuskan di Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu.

Kali ini Desa Pruwatan mendapatkan program TMMD Sengkuyung tahap I, dengan sasarannya meliputi pekerjaan peningkatan jalan berupa rabat sandsheet sepanjang 350 meter lebar 2,2 meter dan ketebalan 15 centimeter, dan juga lapen sandsheet 330 meter, lebar 2,2 meter dan ketebalan 15 centimeter.

Pekerjaan selanjutnya adalah pembangunan drainase di 5 titik jalan dengan total panjang 634 meter, lebar 30 centimeter, pembangunan talud di 6 titik jalan dengan total panjang 391 meter dan ketinggian antara 0,6–1,9 meter, pembangunan plat duiker di 3 titik jalan dengan volume masing-masing panjang 3 meter, lebar 1 meter dan ketebalan 20 centimeter.

Selain itu juga dibangun 2 unit riol/gorong-gorong dengan panjang 5 meter lebar 60 centimeter dan panjang 4 meter lebar 30 centimeter.

Dijelaskan Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan melalui Danramil 08 Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi, untuk sasaran tambahan dalam TMMD Sengkuyung ini juga akan merenovasi 5 unit rumah warga yang kurang mampu melalui rehab RTLH.

“Hari ini adalah pekerjaan pendahuluan atau Pra TMMD Sengkuyung hari ke-9, dimana sasaran fisiknya adalah melanjutkan pasangan batu talud dengan progres 25 persen,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, untuk tenaga kerja adalah teknisi TNI Kodim Brebes sebanyak 14 orang dan masyarakat setempat 29 orang.

“Selain tenaga manual, 1 unit excavator milik Kodim juga terus bekerja membantu mengurug celah antara jalan dengan talud baru,” tandasnya.

Jupriadi berharap, dalam program bakti TNI terpadu bersama seluruh komponen masyarakat yang dilaksanakan selama 30 hari dan akan dibuka secara resmi 2 Maret 2021 nanti, seluruh target dapat dituntaskan dengan baik karena di sengkuyung bersama-sama.

Ia menambahkan, selain sasaran fisik tersebut, juga ada target non fisik yang meliputi penyuluhan penghijauan, pertanian, peternakan, MKRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari), bencana alam, hukum terpadu, kesehatan, KB, anatomi teroris, Kamtibling, dan penyuluhan PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara).

Selanjutnya adalah sosialisasi perizinan, Nakertrans, UU perkawinan, dan narkoba (P4GN).

“Untuk bakti sosial juga akan dilakukan pelayanan akte lahir, perpustakaan keliling, dan juga pasar murah,” pungkasnya.

Sementara itu Kades Rasiman, SH, Kades Pruwatan, sangat mengapresiasi pekerjaan pendahuluan yang dilakukan para teknisi bangunan Kodim Brebes, karena jalan yang sedang dibangun merupakan akses transportasi antar dusun (Dusun Wiru-Genteng), dan juga tembus ke Dusun Legok, Desa Kalilangkap.

“Program Pemda bersama TNI ini adalah berkah bagi desa kami, karena jalan itu akan menjadi Jalan Usaha Tani (JUT) dan juga bisa menjadi jalan antar desa, Pruwatan- Kalilangkap,” ungkapnya mengapresiasi.

Sekedar diketahui, untuk pendanaan TMMD Sengkuyung ini bersumber dari APBD Provinsi Jateng senilai Rp. 251 juta dan juga APBD Kabupaten sebesar Rp. 700 juta. (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here