PELAYANAN KB MKJP PERDANA SE KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN 2021 - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 03 Februari 2021

PELAYANAN KB MKJP PERDANA SE KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN 2021


OGAN ILIR,MJ.- Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam,SE,SH,MM melalui Asisten 3 Setda Ogan Ilir H.Drs. Lukmansyah. M.P. Di  Launching pelaksanaan Pelayanan Perdana Keluarga Berencana (KB) dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Puskesmas Tanjung Batu Kelurahan Tanjung Batu Timur Kecamatan Tanjung Batu,serentak di 16 Kecamatan Se Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (3/2/2021). 


Bupati melalui Asisten 3 menyambut baik program yang digiatkan oleh BKKBN Sumsel untuk menggendalikan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Ogan Ilir. 

"Semua ini untuk pengendalian laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang sampai saat ini masih dapat dikendalikan lewat upaya kolaborasi dengan pemerintah setempat. Jadi sekarang dua anak lebih Sehat Berkualitas,(Dahsyat) dengan begitu pendidikan dan gizi kesehatannya bisa terjaga," ujar Asisten 3 disela-sela kunjungannya. Ayo kita sukseskan pelayanan KB MKJP 2021 bagi seluruh warga masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir telah di buka Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang dan gratis serentak di 16 Kecamatan Se Kabupaten Ogan Ilir.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKBP3AD Kabupaten Ogan Ilir Bustami,SKM,M.Si mengungkapkan MKJP KB ini bukan program yang baru. Hanya pembiayaannya yang baru, karena tahun ini  dikelola oleh kabupaten/kota. Uji coba penggerakan pelayanan KB kali ini menggunakan dana BOKB (DAK non fisik sub bidang KB 2021).

DAK BOKB ini bersifat “bantuan” untuk melengkapi anggaran yang disediakan Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan Pemerintah Daerah juga menyiapkan anggaran untuk pengelolaan Program Bangga Kencana, khususnya untuk Penggerakan Pelayanan KB MKJP.


"DAK BOKB TA 2021 tidak membiayai semua Pelayanan KB MKJP, namun hanya membiayai Peserta KB Intrauterine Device (IUD) dan Implan per Kecamatan, Peserta KB Metode Operasi Wanita (MOW) Peserta KB Metode Operasi Pria (MOP) per Kabupaten/Kota. Sebagian dibiayai oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sedangkan untuk Alat dan Obat Kontrasepsi (Alokon) disediakan dari Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," paparnya.

Dikatakannya, MKJP merupakan program KB yang memiliki efektifitas tinggi.

" Ber-KB dengan MKJP mempunyai tingkat efektifitas lebih tinggi. Tingkat keberlangsungan ber-KB lebih terjamin, sehingga mengurangi tingkat putus pakai  (Drop Out).

Bustami mengungkapkan masa Pandemik ini, pelaksanaan KB MKJP tidak semudah dalam kondisi normal, karena itu, harus dilakukan dengan mematuhi Standard Operation Procedure (SOP) Pelayanan KB MKJP.

 "Maka wajib mematuhi Protokol Kesehatan secara baik," pungkasnya. 
Hadir dalam pencanangan Pelayanan Perdana KB MKJP antara lain,Camat Tanjung Batu,Kepala KUA Tanjung Batu, Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Batu, Danramil Tanjung Batu dan seluruh peserta KB MKJP Sekecamatan Tanjung Batu.#Red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here