DAMPAK VAKSIN BAGI TUBUH MANUSIA MENURUT dr. MUWARNI EMASRISSA LATIFAHL - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 04 Februari 2021

DAMPAK VAKSIN BAGI TUBUH MANUSIA MENURUT dr. MUWARNI EMASRISSA LATIFAHL


PRABUMULIH,MJ. -- Dengan mengusung Tema ‘Vaksin aman masyarakat sehat, saat’ dr Muwarni Emasrissa Latifah mengadakan webinar di cafe Countiner di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gunung Ibul Barat Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Untuk memastikan bahwasanya Vaksin Sinovac yang didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia dijamin aman digunakan pada manusia, dr Muwarni Emasrissa Latifah yang kelahiran 16 Agustus 1995 adalah Putri sulung pasangan Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan Hj Suryanti Ngesti Rahayu.

Menurutnya,Vaksin sinovac memiliki efikasi 65 persen, yang artinya menurunkan resiko terinfeksi hingga 65 persen yang tinggal hanya 35 persen saja, Vaksin ini juga sudah memenuhi kriteria WHO,” kata dr Muwarni Emasrissa Latifah saat menjadi narasumber dalam acara seminar bersama sejumlah awak media, Selasa (02/02/2021) di Cafe Container,pada pukul 15’00 WIB.

Vaksin Sinovac ini telah melalui tahap uji klinis demi memastikan keamanan untuk digunakan pada manusia,banyak manfaat yang diperoleh setelah dilakukan vaksin diantaranya yakni menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, herd immunity atau mencapai kekebalan kelompok dalam mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Seperti kita ketahui vaksin ini mampu menjaga dan meningkatkan imun tubuh manusia. Dengan demikian diharpakan melalui vaksin ini kita bisa terhindar dari bahaya virus corona, walaupun resiko terhindar dari virus melalui vaksin ini hanya sebesar 65 persen. Tapi setidaknya kekebalan tubuh kita sudah terbentuk dengan dilakukannya vaksin sinovac,Makanya orang yang di vaksin sinovac masih harus tetap memakai masker karena masih ada resiko terjangkitnya 35 persen,” ujar dokter muda ini.

Dalam kesempatan itu, dr Muwarni Emasrissa Latifah, juga menyampaikan pengalamannya setelah menjalani suntik vaksin covid-19 sinovac beberapa waktu lalu. Efek samping yang didapat setelah vaksin adalah merasakan kantuk. Namun menurutnya hal itu adalah suatu kewajaran karena reaksi vaksin pada tubuh manusia.

Di samping itu suntik vaksin Covid-19 Sinovac ini berkaitan dengan pembentukan antibodi dan mutasi virus corona. Sehingga suntik vaksin ini harus dilakukan sebanyak dua kali pada manusia dengan rentang waktu empat belas hari setelah di vaksin pertama,yang di berikan sebanyak dua kali melalui otot  sebanyak 0,5 cc ini, sesuai dosisnya dalam usia 18 tahun hingga 59 tahun.

“Satu lagi keuntungan bagi orang yang telah menjalani vaksin covid-19 sinovac ini adalah bebas melakukan perjalanan kemanapun tanpa harus melakukan rapid tes dan swab,dengan telah diresmikannya vaksin covid-19 sinovac di Indonesia maka masyarakat harus secara terus menerus diyakinkan bahwa manfaat vaksinasi jauh lebih besar dari kemungkinan timbulnya reaksi vaksin yang tidak diinginkan. Dengan demikian program pemerintah ini dapat berjalan dengan adanya keyakinan dan kepercayaan serta dukungan penuh dari masyarakat. ,” bebernya.

“Kenapa harus menggunakan jenis vaksin sinovac, karena jenis vaksin ini telah memenuhi beberapa faktor uji klinis seperti memenuhi unsur aman, efektif, dan mutu,hal inilah yang menjadi penentu pemerintah memilih vaksin sinovac,orang yang sudah sembuh dari Covid-19 tidak perlu lagi di vaksin,karena mereka telah mempunyai kekebalan tubuh yang alami, untuk anak -anak dan ibu hamil dilarang di vaksin sinovac,” ungkapnya lagi.

Di akhir acara, wanita lulusan Fakultas Kedokteran di Universitas Sriwijaya  yang lulus dengan predikat Summa cum laude dengan IPK 3,80,juga pernah berpengalaman di International Society Prenatal Diagnostics (ISPD) National University, Singapore yang mengantarkan nya menjadi dokter muda ini menegaskan, bahwa vaksin Sinovac aman digunakan,jadi tidak perlu lagi ada keraguan soal keamanan dan efektifitasnya,” pesannya.

Ia kembali berpesan agar masyarakat Kota Prabumulih tetap mematuhi dan menjalani protokol kesehatan. Mengingat wabah virus corona dapat menyerang siapa saja yang proses penularannya begitu cepat melalui batuk dan pilek.

“Sayangi diri sendiri dan orang lain,jaga selalu 3 M tetap gunakan masker dan jaga jarak serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Kita berharap pandemi ini segera berakhir,” tandasnya.

Laporan : Ovei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here