Tinjau Fasilitas Puskesmas di Ogan Ilir, Gubernur Herman Deru Ajak Masyarakat Vaksin Covid-19 - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 14 Januari 2021

Tinjau Fasilitas Puskesmas di Ogan Ilir, Gubernur Herman Deru Ajak Masyarakat Vaksin Covid-19


OGAN ILIR,MJ. - Setelah menjalani vaksinasi Covid-19 di Gandus, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau kesiapan sejumlah Puskesmas di Ogan Ilir.

Deru ingin memastikan sarana pelayanan kesehatan di Ogan Ilir siap melaksanakan vaksinasi yang secara nasional dimulai perdana pada 13 Januari lalu.

"Saya ingin melihat, mencocokkan apa yang saya tahu mengenai fasilitas pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan yang ada di lapangan," kata Deru saat berkunjung ke Puskemas Timbangan, Indralaya, Kamis (14/1/2021).

Sebelum meninjau Puskesmas Timbangan, Indralaya Utara, orang nomor satu di Sumsel lebih dulu meninjau Puskesmas Talang Aur dan Puskesmas Indralaya yang semuanya berada di wilayah Indralaya Raya.Di Puskesmas Indralaya, Deru melihat simulasi vaksinasi oleh pihak Puskesmas.

Meskipun telah disuntik vaksin, Deru dengan seksama menyimak penjelasan mengenai tahapan vaksinasi Covid-19 yang disosialisasikan kepada masyarakat Ogan Ilir.

"Proses vaksinasi ini kan ada lima meja. Pendaftaran, screening, vaksinasi, pencatatan dan observasi. Ini yang perlu diketahui masyarakat," ujar Deru.

Pada kesempatan tersebut, Deru juga memeriksa tekanan darah, setelah beberapa jam disuntik vaksin.

Ia mengajak masyarakat untuk tidak takut menjalani vaksinasi karena aman dan halal.

"Kepada masyarakat tidak perlu takut vaksin karena kita ingin memutus rantai penyebaran Covid-19," pinta Deru.

Pada kesempatan sama, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Ilir mengonfirmasi, vaksin yang akan didistribusikan ke Ogan Ilir sebanyak 2.328 dosis.

Namun hingga kini, Dinkes Ogan Ilir belum mendapat pemberitahuan mengenai distribusi vaksin.

"Kita belum dapat pemberitahuan karena dari provinsi memprioritaskan daerah zona merah dulu," kata Kepala Dinkes Ogan Ilir, Dr. Nurharlinah.

Namun demikian, Dinkes Ogan Ilir siap dengan 25 Puskesmas, 27 fasilitas kesehatan, RSUD Tanjung Senai dan satu klinik kesehatan di Mapolres Ogan Ilir disiapkan untuk proses vaksinasi ini.

Kepala UPTD Puskesmas Timbangan, Ely Purwanti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas vaksinasi Covid-19.

Masyarakat yang akan menjalani vaksinasi melalui lima meja seperti yang disebutkan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Pertama, pendaftaran bagi masyarakat yang mendapat SMS dari Peduli Lindungi dan sudah melakukan registrasi di situs Pedulilindungi.id.

Kedua, proses screening berupa pertanyaan dan pemeriksaan kesehatan termasuk ada tidaknya penyakit penyerta pada calon penerima vaksin.

"Pada tahap kedua ini, jika kondisi kesehatan yang bersangkutan kurang ideal, maka opsinya ada dua, yakni ditunda hingga waktu tertentu atau dibatalkan vaksinasinya," jelas Ely.

Ketiga, proses vaksinasi dengan cara disuntik di bagian lengan luar atas, seperti yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo.

Keempat yakni pencatatan nomor vaksin, lokasi dan waktu vaksinasi.

Dan kelima yakni observasi untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

"Observasi ini untuk melihat bahwa setiap tindakan vaksin ini ada risikonya. Ada efek yang ditimbulkan namun tidak berbahaya, sama seperti efek vaksin pada umumnya," terang Ely.

Lebih lanjut ia menerangkan, orang pernah dan telah sembuh dari Covid-19 tak perlu menjalani vaksinasi karena sudah ada kekebalan tubuh.

"Kemudian juga yang usia di atas 60 tahun atau usia lanjut, tidak perlu menjalani vaksinasi," kata Ely mengakhiri penjelasan.Aza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here