Sunjono Bulang " Masyarakat Sudah Resah Gunung Fatah Mulai Hampir Terkikis Inginkah Pemerintah Ambil Sikap - Koran Digital MATA JURNALIS

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 16 Januari 2021

Sunjono Bulang " Masyarakat Sudah Resah Gunung Fatah Mulai Hampir Terkikis Inginkah Pemerintah Ambil Sikap


LAHAT,MJ.--- Keseriusan Gemapala ( Gerakan masyarakat Pagar Alam Lahat) dalam upaya menyelesaikan tapal Batas antara Wilayah Kabupaten Lahat dengan Kabupaten Muara Enim demi menyelamatkan Kawasan Hutan Lindung Gunung Fatah Bukit Jambul di Desa Tunggul Bute Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat, bukan isapan jempol belaka.

Terbukti pada hari ini menggelar Rakor di hadiri Asisten 1 Rudi Thamrin SH, MM bertempat di Aula Kecamatan Kota Agung pada Sabtu 16/1.


Menurut Camat Kota- Agung bahwa tindak lanjut rapat koordinasi 5 Kecamatan  ( Kota- Agung- Mulak Ulu, Mulak Sebingkai, Pagun, Tanjung Tebat dan Gumay Ulu) yang merupakan  cikal bakal Gemapala  yang di perintahkan  Bupati Lahat pada Novembar 2019 silam untuk mengurusi tapal batas di Desa Tunggul Bute yang semakin memprihatinkan. Karena Bukit Jambul Gunung Fatah di Desa Tunggul Bute berada di Kawasan Lahat dan Peta Wilayah sudah diserahkan ke Bupati" ujar Camat Kota Agung Marsi SE, MM .

Yeri Mansyah SH  ( Yerik)  selaku Ketua Gemapala merasa prihatin dengan keadaan Hutan Lindung Bukit Jambul Gunung Fatah yang semakin memprihatinkan menurut Yerik " kita berbicara berdasarkan fakta dengan melihat titik koordinat yang telah bergeser keberadaannya di Wilayah Muara Enim untuk itulah akan kita rebut kembali tanah leluhur kita tersebut. Bila kita diam dan berpangku tangan maka Hutan Lindung kita akan hilang.


Sementara itu  Asisten 1 Rudi Thamrin SH terkait Indikasi bahwa Kawasan Hutan Lindung Gunung Fatah yang merupakan sumber mata air yang mengaliri persawahan dan merupakan  sumber kehidupan yang telah dirusak dan beralih fungsi, untuk itulah Pemerintah mengkaji ulang dan merivisi ulang Historys, kita perlu Dokument yang mendukung. Silahkan Gemapala dan Camat untuk koordinasikan terkait masalah batas. Kita perlu waktu tidak sedikit, masalah ini sudah diketahui di era Bupati sebelumnya sudah belasan tahun. Untuk itulah selaku Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga diri tahan emosi walau semangat yang berapi- api walau Organisasi ini berbadan hukum.  Bila ada Dokument harap diserahkan ke Pemerintah" ujar Asisten 1.

Sunjono Bulang selaku Sesepuh  berdasarkan Peta  Kawasan tersebut memang hutan kita, karena keculasan dari Kabupaten sebelah nyata terlihat. Tanah sedikit demi sedikit diambil. Saya selaku Sesepuh berpesan jangan sampai terjadi hal- hal yang di inginkan, karena saat ini masyarakat sudah mulai resah " tandas Sunjono.

Rakor ini dihadiri unsur Forkomincam, Camat 5 Wilayah, Ketua Forum Kades 5 Wilayah, Dinas Lingkungan Hidup serta pihak yang berkompeten mengenai hal ini.Laporan # Kerbay Mulak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here