Jialyka Maharani : Pembukaan Moratorium DOB Percepat Pembangunan Daerah


PALEMBANG, MJ. - Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan Jialyka Maharani menyatakan bahwa wacana adanya pelonggaran moratorium daerah otonom baru (DOB) merupakan upaya untuk mempercepat pembangunan daerah. 


Menurut Senator yang kerap disapa Jia tersebut, dalam waktu singkat Komite I DPD RI dan Pemerintah RI akan melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah terkait pelonggaran moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB). 

“Jika pelonggaran moratorium tersebut benar-benar diimplementasikan, saya yakin ini akan sangat berperan dalam percepatan pembangunan daerah, karena tidak sedikit sumber dari kemiskinan di daerah berawal dari panjangnya rentang kendali antara masyarakat dengan pemerintah daerah,” jelas senator termuda tersebut.

Lebih lanjut, putri sulung Ilyas Panji Alam ini juga menyatakan bahwa selain untuk mempercepat proses pembangunan daerah, pemekaran wilayah atau pembentukan DOB juga dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memperpendek rentang kendali antara masyarakat dengan pemerintah daerah. 

Beberapa daerah yang dimekarkan biasanya memiliki berbagai alasan yang urgen untuk menjadi daerah yang otonom. 

“Bahkan, jika kita amati dengan seksama tidak sedikit daerah-daerah hasil pemekaran yang justru semakin maju pasca menjadi daerah otonom baru, misalnya Kota Pagaralam yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat, Kota Prabumulih hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ogan Ilir yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten OKI, dan masih banyak daerah-daerah lainnya,” Jelas Jialyka.

Sebagai senator utusan Provinsi Sumatera Selatan, dara lulusan Universitas Indonesia tersebut berkomitmen untuk mengawal pembentukan daerah otonom baru (DOB) di Sumatera Selatan. Menurutnya, hingga saat ini ada beberapa daerah di Sumatera Selatan yang siap untuk diperjuangkan dan telah memenuhi syarat antara lain, Pantai Timur pemekaran dari Kabupaten OKI, Kikim Area pemekaran Kabupaten Lahat, Banyuasin Timur pemekaran dari Kabupaten Banyuasin dan Gelumbang pemekaran dari Kabupaten Muara Enim.

“Sejauh ini, berkas dan persyaratan pengajuan Daerah Otonom Baru (DOB) untuk Pantai Timur sudah masuk, dan masuk dalam kategori 65 calon DOB yang telah mendapat Surat Presiden Nomor R-66/Pres/12/2013, untuk itu mari kita kawal bersama demi kemajuan daerah kita,” tutupnya.(Aza)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada proyek Mahluk halus diakses jalan Antara Desa Babat dan desa Talang Beliung

Masyarakat Desa Sumber Rahayu Meminta Bupati Agar Memecat Mat Kanta Sebagai Kades

Kapolres Ogan Ilir Langsung Membopong Elza Ke Ambulance Menuju RS Bhayangkara