SUNGAIKERUH,MUBA,MJ. - Plt Camat Sungai Keruh Edi Heriyanto SH pimpin langsung Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi (Monev) kabupaten Sehat, diruang pertemuan Camat Sungai Keruh, Kamis (5/11/2020).


Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi (Monev) ini diikuti oleh Seluruh Kepala Desa diwilayah kecamatan Sungai Keruh, Dinkes Muba, Puskesmas Desa Tebing Bulang.

Dalam Rapat Koordinasi ini, Edi Heriyanto SH selaku Plt Camat Sungai Keruh mengajak seluruh Lapisan Masyarakat untuk bekerjasama dengan pihak desa masing-masing dalam mewujudkan kabupaten Sehat.

" Kabupaten Sehat ini kita gencarkan melalui Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilingkungan Masyarakat, agar kita semua mewujudkan menuju langkah awal menuju peningkatan kualitas kesehatan Masyarakat," ujar Edi kepada tim media.

Edi menjelaskan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

" Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat," beber dia.

Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

" Tujuan utama Pemkab Muba bersama Forum Kabupaten Sehat untuk menjadikan masyarakat sehat, yang memiliki perilaku hidup bersih dan sehat. Terkait persiapan untuk mengikuti Penilaian Swastisaba Wiwerda Tahun 2021 ini, salah satu menjadi tantangan Kabupaten Muba adalah harus 90 persen desa/kelurahan ODF," jelas Edi.

Terakhir, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menargetkan 90 persen desa di wilayah Muba bebas buang air besar sembarangan, atau Open Defecation Free (ODF) pada 2021. Nah, maka dari itu mari kita bahu membahu menjadikan hal ini sebagai Pola Hidup yang menjadi suatu kebiasaan.

" Demi mendukung Muba Kabupaten Sehat, kita gaet seluruh Kepala Desa diwilayah kecamatan Sungai Keruh untuk menjadikannya sebagai Komitmen (Fakta Integritas), dan hal itu kita lakukan dengan penandatanganan langsung," tutup Edi.(hsril) 

Posting Komentar