OGAN ILIR,MJ. --Pjs Bupati Ogan Ilir, Aufa Syahrizal,SP.M.Sc  didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bupati Ogan Ilir menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi di Lapangan Mapolres Ogan Ilir.


Apel kesiapsiagaan yang digelar pada Senin,(9/11/2020) ini, melibatkan gabungan unsur BPBD, Satpol PP Damkar, SAR, TNI, Polri, PMI, Mahasiswa dan relawan.


Pada kesempatan itu, Pjs Bupati memeriksa kesiapan personel, peralatan dan penggunaan teknologi yang akan digunakan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi. Baik peralatan saat penanggulangan bencana maupun untuk pemulihan pascabencana. Seperti mobil, alat berat, perahu dan dapur umum.


Dikatakan Aufa , apel siap saga ini merupakan upaya preventif dalam menghadapi dan penanggulangan bencana.

“Sekarang ini, pola penanganan bencana sudah bergeser dari responsif ke preventif. Apa yang kita lakukan sekarang ini merupakan upaya preventif. Harapannya, penanganan bencana akan lebih mudah, lebih murah dan meminimalisir kerugian. Juga lebih mudah memetakan dan mengevaluasi jika terjadi bencana,” jelas Aufa.

Dalam upaya kesiapsiagaan ini pula, Pjs Bupati meminta kepada seluruh OPD, lintas sektor, TNI, POLRI dan relawan untuk terus berkoordinasi terkait potensi dan kejadian bencana.

“Bencana alam di Kabupaten Ogan Ilir ini sangat sering terjadi, seperti banjir dan jalan putus. Potensi bencana itu sangat banyak, makanya koordinasi antar sektor harus lebih intens lagi,” pesan Bupati.

Dalam upaya penanggulangan bencana ini pula, Aufa meminta agar SOP penanggulangan bencana disampaikan ke semua pihak terkait, bahkan sampai ke desa-desa.

Posting Komentar