SUNGAIKERUH,MUBA,MJ. - Pelaksana Tugas Camat Sungai Keruh Edi Heriyanto SH meninjau Lokasi Banjir di desa Sungai Dua, kecamatan Sungai Keruh, kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (20/10/2020).


Air yang tergenang ini di picuh lantaran Volume Debit air Sungai Keruh yang meningkat, sehingga mengakibatkan Puluhan Rumah Warga tergenang. Maka, dalam kesempatan ini Plt Camat Sungai Keruh Edi Heriyanto SH bersama Kades Sungai Dua Sudirman meninjau lokasi Banjir.

Menurut data yang dihimpun awak media sebanyak 120 KK di desa Sungai Dua mengalami dampak dari Meluapnya Air Sungai Keruh ini, air yang pasang ini diperkirakan terjadi pada Pukul 02.00 Wib.

Tim gabungan diterjunkan langsung menangani Banjir ini, bagi warga yang terdampak banjir di evakuasi oleh BPBD Muba yang bekerjasama dengan Dinsos, TNI-Polri dan tim kecamatan Sungai Keruh. Diketahui dari Laporan yang diterima tinggi debit air yang menggenangi Pemukiman Warga setinggi 220 Cm (Centi Meter) hingga siang hari ini debit air yang menggenang telah surut setinggi 80 Cm.

Edi Heriyanto SH saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan, dengan adanya informasi banjir ini kami pihak kecamatan Sungai Keruh bersama Tagana Dinsos Muba, BPBD, TNI-Polri langsung berkordinasi dengan Stakeholder terkait.

" Dari informasi yang kami dapat air mulai pasang sejak pukul 02.00 wib sampai pada pukul 06.00 wib sudah mulai berangsur surut hingga saat ini debit air sudah kembali dalam keadaan normal," dikatakan Edi Heriyanto.

Edi menjelaskan, selain melakukan Monitoring Debit air yang menggenangi, Bupati Musi Banyuasin melalui Dinas Sosial dan kecamatan Sungai Keruh menyampaikan Bantuan langsung kepada korban terdampak banjir di desa Sungai Dua.

" Dari informasi yang kami terima sampai saat ini, selain melakukan monitoring tim Tagana Dinsos bersama BPBD telah mendirikan Tenda darurat mengantisipasi terjadinya kenaikan Debit Air," ujarnya.

Selain itu, kami himbau kepada Warga yang tinggal dipinggiran Bantaran Sungai agar tetap Waspada jikalau nantinya debit air naik dan hujan deras kembali turun diwilayah kabupaten Musi Banyuasin.

" Saat ini warga yang sebelumnya telah dievakuasi dan mengungsi telah kembali kerumah masing-masing, namun meski demikian kami himbau mereka agar tetap siaga dan berhati-hati ketika cuaca hujan deras," himbaunya.

Sementara itu terpisah, Yulia Andresta (27) warga desa Sungai Dua, kecamatan Sungai Keruh mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang diwakili oleh Dinsos Muba dan Kecamatan Sungai Keruh atas Bantuan Peduli Bencana Banjir kepada kami.

" Saya mewakili warga yang terdampak Banjir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintag kabupaten Musi Banyuasin atas Bantuan Tanggap Darurat Bencana Banjir  kepada kami, kami ucapkan terima kasih juga kepada Dinsos Muba, BPBD, Pihak kecamatan Sungai Keruh serta TNI-Polri yang telah membantu kami dalam Evakuasi Banjir ini," ucap Yulia.(hsril) 

Posting Komentar