LAHAT,MJ.--- Tim Verifikasi Program Kampung Iklim Tahun 2020 mengunjungi Desa Singapore Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat. 17/9.


Tim Verifikasi Proklim terdiri terdiri dari  Erwin Meirifansyah  Analis data perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup,. Benni Yusnandarsyah Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan DLH Pertanahan Provinsi Sumsel, Radian Fahmi Kasi Perubahan Iklim Provinsi Sumsel. Sedangkan Tim DLH Pemkab Lahat dikomandoi Rosivel T Herwin SE, MM Kabid Pengendalian Pencemaran Dan Kerusahan Lingkungan.


Kedatangan Tim ini disambut hangat oleh Arsito Hasan  selaku Kades Desa Singapore di Balai Desa, menurut Kades Desa yang terdiri dari 608 Jiwa 160 KK, terdiri dari 5 Dusun, sebagian besar mata pencaharian Petani Kopi dan Padi. Desa Singapore dahulunya tidak dikenal sama sekali, seiring berjalannya waktu pada tahun 2003 dan 2004 kita mengenalkan pupuk organik saat itu sangat dikenal namun karena terkendalanya dana maka terhenti dan tahun 2006 kita memproduksi pupuk cair berkerjasama dengan Negara Yaman pada tahun 2017. Semenjak itulah nama Desa Singapore mulai dikenal dimata khalayak Alhamdulilah 2 tahun belakang ini, karena Desa kita terisolir diatas perbukitan." ujar Arsito pada pengenalan sekilas infonya dihadapan Tim Verifikasi Kampung Iklim.

Ada dua yang kita lihat yakni Mitigasi pengurangan terhadap lingkungan misalnya penanaman padi terhadap kekeringan dan Adaptasi terhadap lingkungan selain itu kita lihat kenyataan dilapangan.

Tujuan kampung Iklim serta menciptakan Masyarakat apakah mampu mempertahankan Iklim yang ada, sedangkan tujuan kita kesini memverifikasi apakah Desa Singapore ini sesuai atau tidak. Hanya Sumsel yang diverifikasi secara Off Line" ujar Tim Verifikasi.

Usai memverifikasi data Tim program Kampung Iklim melanjutkan pembuktian/ meninjau dilapangan seperti meninjau Embung Air, Bumdes Maju Bersama, Peninjauan pembuatan Pupuk Kompos, meninjau Kebun Toga, Saluran Air dan terakhir Tim ini mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Air di Mangala PT Green Lahat. # NID.

Posting Komentar