OGAN ILIR,MJ. -- Tim penilaian Rumah Dataku Kampung Keluarga Berkualitas ini bertujuan untuk mengevaluasi  kegiatan apa itu Kampung Keluarga  Berkualitas yang ada didesa ini, serta  mengetahui sejauh mana perkembangan dan keberhasilan dari program kampung keluarga berkualitas Desa Belanti " HEBAT" yang sedang dijalankan, bila dibandingkan dengan waktu sebelum program ini ada.” Demikian, Husnidayanti S.Sos MSi, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (PPKBP3AD), Ketua Tim penilai Rumah Dataku Kampung Keluarga Berkualitas (RDKKB) Pemkab Ogan Ilir, dalam acara Penilaian Rumah Dataku "HEBAT" Desa Belanti, Kecamatan Tanjung Raja, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa, (15-09).


Masih menurutnya, yang menjadi kriteria penilaian kali ini mencakup semua bidang yang ada dalam dalam kelompok kerja (POKJA) kampung keluarga berkualitas didesa itu sendiri, yang terbagi dalam Tim setiap bidangnya, diantaranya bidang  reproduksi, sosial budaya, ekonomi, lingkungan, agama, bidang cinta kasih sayang, sosialisasi dan pendidikan serta bidang perlindungan, tuturnya.


Dari semua bidang itulah Tim melakukan penilaian melalui pemeriksaan kelengkapan berkas dan jawaban pertanyaan terkait pelaksanaan fungsi  dari semua bidang tersebut, sehingga nanti diputuskan yang terbaik dari 28 rumah dataku di 16 Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Ilir akan diberi penghargaan pada Tanggal 21 September 2020, jelasnya.

Masih kata, Husnidayanti menambahkan, adanya rumah data merupakan sebuah keharusan untuk kampung keluarga berkualitas yang dulu bernama kampung keluarga berencana (KB). Dan untuk diketahui, bahwa keberadaannya  juga bukan hanya untuk kegiatan dibawah DPPKBP3AD saja akan tetapi bisa digunakan sebagai rumah dataku saja melainkan kegiatan dari berbagai lintas sektor lainnya, tegasnya.

Dalam laporannya, Kepala Balai Penyuluh KB Kecamatan Tanjung Raja
Srimaryani menyampaikan,  jumlah penduduk 2208 jiwa terdiri dari kepala keluarga Kampung Berkualitas sebanyak
688 KK di Desa Belanti adalah  1141 Laki-Laki  Perempuan 1067  dengan pasangan usia subur 386 
Pasangan dan seorang Bidan desa.Dikesempatan ini, Srimaryani menerangkan, dalam laporan pada desa tersebut terdapat beberapa kelompok kegiatan dan beberapa unit pelayanan serta pos relawan dan pendidikan usia dini (PAUD), urainya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raja Faelsal,SKM  didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanjung Raja  ketika ditemui media ini menyampaikan harapannya kepada DPPKBP3AD untuk memberikan pengarahan dan bimbingan lagi pada RDKKB Belanti Hebat, agar kedepannya para kader semakin lebih baik lagi, karena  RDKKB Belanti Hehat merupakan satu satunya rumah data yang ada di Kecamatan Tanjung Raja, katanya.

Kegiatan ini berlangsung tertib dan dengan prokol kesehatan, seperti
memakai masker dan menjaga jarak. Dan untuk semua yang hadir
disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk. Dalam acara ini ditampilkan hasil kerajinan tangan dan makanan olahan tradisional khas daerah karya kelompok kegiatan masyarakat yang ada didesa Belanti , yang diprakarsai  RDKKB " Belanti Hebat" atas bimbingan dan pengarahan, Irwani Kepala Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja, yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan ini.


Selanjutnya Tim melanjutkan ke Desa Talang Sari Kecamatan Rantau Alai di Kampung Keluarga Berkualitas Rumah Dataku " Melati" Desa Talang Sari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Hadir dalam acara penilaian Rumah Dataku Kampung Keluarga Berkualitas antara lain Sekertaris Dinas PPKBP3AD Kabupaten Ogan Ilir Husnidayati,S.sos,M.Si,di dampingi Kepala Bidang KB Kgs. Sopyan,SH,M.Si, Kepala Bidang P4 Mustakimah,S.sos,M.Si, Kepala Bidang K3 Dewi Yuniarti,SH barsama rombongan Camat Rantau Alai Dasri Wijaya, S.Pd,M.Si,Kepala Balai Penyuluh KB Kecamatan Rantau Alai Susmaidah, Kepala Desa Talang Sari Muzakir,S.Hi, Kepala Puskesmas Lebung Bandung Henilia,
S.KM,serta seluruh keluarga Besar Keluarga Berkualitas " Melati" Selasa 15/09/2020.# Red

Posting Komentar