MUBA,MJ. - Penyebaran COVID-19 saat ini berdampak pada kondisi yang tidak stabil, dan diperlukan peran serta seluruh elemen termasuk Pramuka untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Muba. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59, di Lapangan SMP Negeri 1 Jirak Jaya Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya, Jumat (14/8/2020).


Adapun Tema Peringatan Hari Pramuka tahun ini adalah "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara". Dengan Tema tersebut juga akan menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan pramuka pada tahun 2020, sebagai perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi masalah besar yang sedang dihadapi oleh Bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia yang mengalaminya.

Dalam arahannya Sekda Muba mengatakan Gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu bahkan gerakan Pramuka dunia sudah dimulai lebih dari 110 tahun lalu, yang lebih dikenal dengan gerakan pendidikan kepanduan praja muda karena merupakan suatu organisasi pendidikan non formal sebagai penunjang pendidikan informal dilingkungan keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal di institusi pendidikan formal.

Meskipun pendidikan kepramukaan lebih fokus kepada pendidikan anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial akan tetapi berdasarkan kode kehormatan gerakan pramuka yaitu, Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang merupakan tuntunan utama dalam bersikap dan berperilaku terutama tolong menit sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

"Untuk itu walaupun dalam masa Pandemi COVID-19 ini gerakan pramuka tetap tanggap penanggulangannya dimulai dari hal yang terkecil yaitu kebersihan pada diri pribadi, keluarga, dan lingkungan sekitarnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Lanjutnya upacara Hari Pramuka tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana pada tahun-tahun sebelumnya dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pula berbagai perlombaan, tapi untuk tahun ini semua dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Kejadian ini sudah berlangsung kurang lebih 5 bulan bahkan masalah ini belum menunjukkan kapan selesai. Oleh karena itu kita diwajibkan menjadi relawan untuk membantu masyarakat, terutama dilingkungan kita agar tidak terpapar COVID-19," kata Kakwarcab Muba.

Dan lakukan pola hidup bersih dan sehat kalau berkumpul jaga jarak, hindari kerumunan .
Kemudian selanjutnya kami mengucapkan selamat kepada kakak kakak yang InshaAllah yang tahun ini mendapatkan penghargaan jadikan penghargaan tersebut sebagai motivasi.
InshaAllah dengan tekat serta keinginan dari kita semua, Pramuka Muba ini bergerak lebih maju lagi.

Pada kegiatan ini dilaksanakan pula penyerahan tanda penghargaan, yakni penghargaan Lencana Dharma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional Drs Budi Waseso kepada Ermawan SIP SPd SD MSi Kakwaran Jirak Jaya, kemudian Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati kepada Dr Sugeng Riyadi SPd MPd Anggota Mabicab.

Selanjutnya Penganugerahan Tanda Penghargaan Pencawarsa Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan kepada Adik Joko Wiyanto SPd Sekretaris Kwarran Babat Supat, Marco Susanto SSTP MSi Mabiran Sekayu, Tetty Arpita SPd Pembina Gudeb Sanga Desa, Yudi Ardiansyah SSTP Pengurus Litbang Kwarcab Muba, Hasbullah Pelatih Kwarcab Muba, Anita Aristia SPd Andalan Kwarran Lawang Wetan, dan Erdian Syahri SSos Anggota Mabicab Muba.(hsm) 

Posting Komentar