OGAN ILIR.MJ, -- Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu upaya penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Yaitu dengan memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Kampung KB sendiri merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

"Delapan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan," katannya

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DPPKBP3AD) Kabupaten Ogan Ilir, melalui Kepala Bidang P4 Mustakima h,S.sos,M.Si, yang di dampingi Kepala Bidang K3 Dewi Yuniarti,SH dan rombongan,mengungkapkan, ada 4 program prioritas yang dilakukan dalam mewujudkan Kampung KB di Kabupaten Ogan Ilir,Kegiatan di Kampung KB Desa Lubuk Segonang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir 

Pertama dengan melakukan pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB di Desa, yakni Desa Lubuk Segonang. Kedua dengan menggelar Loka Karya Mini (Lokmin) Kampung KB, seperti diadakan rapat rutinitas harian, mingguan atau bulanan, untuk menggarap kegiatan yang telah direncanakan, kaitanya dengan program KB. Ketiga mengagendakan dan melaksanakan pertemuan Pokja kampung KB di berbagai tingkatan, dan ke empat melaksanakan musyawarah di Kampung KB.

“Jadi yang pertama yang akan kita lakukan tentu pembinaaan, melalui Lokmin, nanti di situ kumpul para pemangku kepentingan baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan, kemudian disusun program kerja apa yang dilakukan masyarakat untuk pengembangan Kampung KB,” Kamis 13/8/2020.

Kasi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Danila,SKM,MPH, Kasi Bina Ketahanan Balita Anak dan Lansia Wahdawati,SST, Kasi Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (PKS) Gunawan,SKM Kabupaten Ogan Ilir,
Sementara, Danila menuturkan, program pemerintah pusat, yang masuknya kepada program nawacita presiden itu sebenernya bukan hanya sekedar Kampung Keluarga Berencana, melainkan juga merupakan program penggarapan berkesinambungan, dari semua lintas sektor.

Menurutnya, tahun 2020 Kampung KB targetnya adalah partisipasi masyarakat yang mempunyai keinginan untuk memajukan desanya, dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan derajat kesehatan, melalui program KKBPK.

“Program prioritas Kampung KB 2020 untuk mendongkrak, supaya Kampung KB di Kabupaten Ogan Ilir tidak tertinggal seperti daerah lain,” katanya kepada matajurnalis.com saat ikut dan melaksanakan kegiatan Di Desa Lubuk Segonang Kecamatan Kandis.

Dari Lima Narasumber yang merangkan, Kampung KB diharapkan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan Program KKBPK dan Pembangunan sektor terkait di seluruh tingkatan wilayah, terutama sebagai suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran yang telah ditetapkan, serta memperluas cakupan penggarapan Program KKBPK yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. 

Dan pembinaan Ketahanan keluarga berbasis Tribina BKB,BKR,BKK di kampung KB Desa Lubuk Segonang, Pembinaan atau sosialisasi kelompok Tribina yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader tentang Tribina yang meliputi Bina keluarga Balita,Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia dimana acara ini berlangsung Menjelaskan tentang tujuan, fungsi dan manfaat dari dibentuknya Tribina tersebut.

Hadir Kepala Balai Kecamatan Kandis Asferi,SKM, Camat yang diwakili oleh Kasi  Kesos Kecamatan Kandis, Perwakilan Dari Puskesmas Kandis,Kepala Desa Lubuk Segonang Azharudin,dan  Peserta Ibu- ibu PKK Desa Segonang, Kelompok Kerja (Pokja) kampung KB, bersama unsur terkait lainnya. (Red)

Posting Komentar