KAYUAGUNG, MJ. – Penularan virus Corona (COVID-19) di tanah air hingga saat ini masih terus terjadi. Bahkan, peningkatan kasus terkonfirmasi positif ini terus bertambah, tak terkecuali di daerah-daerah seperti Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel).
Melihat hal ini, Komandan Kodim 0402/OKI- OI Letkol CZI Zamroni SSos mengajak agar masyarakat khususnya di wilayah teritorialnya untuk tetap waspada dengan mematuhi penerapan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Memang, menurutnya virus ini terlihat seperti biasa saja dan sama seperti flu biasa.


Hanya saja, tambah Zamroni hal ini akan lebih berbahaya jika ada penyakit penyerta. “Artinya kalau ada penyakit penyerta ini lebih cepat efeknya. Sekarang gak macam-macam, yaitu pake masker tapi kadang itu saja sulit dipatuhi,” ungkapnya saat Komsos dengan tokoh masyarakat di Aula Darmawangsa Kodim 0402/OKI di Kayuagung, Selasa (11/08).

Dikatakannya, yang saat ini harus dilaksanakan adalah mengenai penegakan protokol kesehatan. Terkait hal ini, pihaknya juga tak henti mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi hal ini.

“Memang Bupati tidak setuju dengan adanya denda untuk pelanggar yang tidak pakai masker ini, tapi sekarang kita tumbuhkan kesadaran bahwa masker itu kebutuhan. Jangan dijadikan beban terutama saat berkumpul, atau saat di pasar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Letkol CZI Zamroni juga mengingatkan terkait karhutla yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap. Untuk itu, menurutnya hal ini harus menjadi atensi dari berbagai pihak termasuk masyarakat agar dapat menjaga lahannya sehingga tidak dibakar atau terbakar.

“Jangan membuka lahan atau mencari ikan dengan cara membakar. Jangan sampai sudah ada corona, ditambah ada asap jadi kita hindari itu. Mari kita jaga lingkungan kita, jaga putra-putri kita, karena yang menjadi ancaman juga adalah masalah narkoba,” tegasnya.

Untuk itu, terkait berbagai hal ini Dandim mengharapkan agar para tokoh masyarakat ini dapat membantu menjadi duta atau penyambung lidah untuk menjaga lingkungan tetap tentram, aman dan nyaman. “Bekerja dapat dilaksanakan dengan baik kalau situasi aman, nyaman,” pungkasnya. (Snd)

Posting Komentar