OGAN ILIR, MJ - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Ogan Ilir. Kali ini, kebakaran lahan terjadi dua kali berturut-turut, hanya dalam kurun waktu tidak sampai 24 jam. Akibat kejadian ini, lahan gambut seluas 42 hektar di dua wilayah kecamatan di kabupaten Ogan Ilir hangus terbakar. Dua wilayah kecamatan tersebut, adalah kecamatan Pemulutan Barat dan kecamatan Indralaya Utara.

Informasi yang berhasil dihimpun Mata Jurnalis selain dari pengamatan langsung ke lokasi karhutla, juga dihimpun dari keterangan Kepala BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Jumhuri, saat berada di salah satu lokasi kejadian, pada Sabtu siang (3/8), 

Dari keterangan Jumhuri, karhutla pertama terjadi pada pada Jumat malam (2/8) di wilayah kecamatan Pemulutan Barat. Peristiwa kebakaran berlangsung sejak Jum'at malam (2/8) hingga Sabtu dini hari (3/8). 

"Kami menerima informasi semalam, sekitar jam 18.20 WIB. Berbekal informasi tersebut, kami langsung menurunkan satgas kami sekitar 20 orang. Alhamdulilah di lokasi sudah ada anggota TNI, Polisi dan masyarakat. Secara bersama-sama kami berusaha memadamkan api." terang Jumhuri

"Suasana malam dan medan yang sulit di Arisan Jaya, membuat api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. Berkat kerjasama tim dari BPBD, TNI, Polisi dan masyarakat" lanjutnya.


Sedangkan peristiwa kedua terjadi pada Sabtu pagi (3/8) hingga sore hari. Kali ini api kembali membakar lahan di desa Arisan Jaya, Pemulutan Barat. Selain Arisan Jaya, kebakaran juga merambat lahan di desa Sungai Rambutan, Indralaya Utara.

"Siang ini dapat informasi kebakaran sekira pukul 9 pagi ini. Lokasi masih di Arisan Jaya. Badan masih capek, namun laporan harus lekas ditindaklanjuti" tutur Jumhuri.

Pada kejadian kali ini, mantan Camat Pemulutan Barat ini menerangkan bahwa selain dari TNI, Polisi dan BPBD, tim penanggulangan karhutla ini juga dibantu  helikopter Water Cannon dari provinsi Sumatera Selatan.

"Akses ke lokasi di Arisan Jaya memang agak susah, tidak bisa ditempuh jalur darat. Jadi kami meminta bantuan pihak pemrov. Alhamdulillah turun satu. Namun pada pukul 12an, api sudah melebar ke Sungai Rambutan" terang Jumhuri lagi.

Dari rangkain kejadian sepanjang Jumat malam hingga Sabtu sore, diperkirakan lahan yang terbakar sampai 42 hektar. 40 hektar di wilayah kecamatan Pemulutan Barat dan 2 hektar di Indralaya Utara.

Posting Komentar