JAKARTA, MJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui Ibu Kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Kalimantan. Pengumuman resmi tentang rencana ibu kota pindah ini akan dia sampaikan pada Agustus mendatang.

"Ya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (31/7).

Menurut Presiden Jokowi, kajian pemindahan ibu kota itu hingga saat ini belum rampung. Presiden Jokowi kajian harus disampaikan padanya secara menyeluruh.

"Saya kira kalau sudah rampung, sudah tuntas, detailnya sudah dipaparkan, untuk kajian kebencanaan seperti apa, kajian mengenai air, kajian mengenai keekonomian, kajian mengenai demografinya, masalah sosial politiknya, pertahanan keamanan, semuanya karena memang harus komplit," jelas Presiden Jokowi.

Dia menegaskan, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam masalah pemindahan ibu kota negara itu. Tetapi pemerintah tetap ingin secapatnya diputuskan.

Posting Komentar