PALEMBANG, MJ -- Kebakaran hebat terjadi di Jalan Ki Kemas Rindo, Lorong Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Rabu (10/7/2019)

Diduga sumber api berasal dari kompor yang ditinggalkan dalam kondisi menyala dari salahsatu rumah warga.

Atas kejadian ini ratusan rumah kayu warga di beberapa RT lokasi kejadian, ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun dari salahsatu saksi mata yang enggan dicantumkan namanya, diceritakan bahwa peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 09.30. Api pertama kali terlihat dari rumah salahsatu warga RT. 28, Asmawati (50).

Sebelum api membesar, dari rumah Asmawati sempat terdengar suara ledakan sebanyak tiga kali. Ledakan tersebut diduga berasal dari kompor yang lupa dimatikan.

Mendengar suara ledakan, warga berhamburan keluar rumah dan berteriak "kebakaran".

Dengan peralatan seadanya, warga berusaha memadamkan kobaran api.

Angin yang bertiup kencang, sumber air yang terbatas dan jalan yang sempit membuat petugas pemadam kebakaran susah untuk masuk ke dalam lokasi. Membuat api dengan cepat merayap puluhan rumah warga lainnya.

"Apinya cepat sekali pak membesar, petugas (pemadam kebakaran) susah masuk. Dengan alat seadanya kami berusaha memadamkan api. Petugas pun terpaksa masuk lokasi dengan memanjangkan selang," katanya.

Setelah bejibaku selama kurang lebih empat jam, petugas dan warga asil memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Namun kejadian ini menghanguskan 107 rumah warga ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun dari posko kebakaran yang diinisiaai Act, salah Satu Lembaga Kemanusiaan Act Sumsel diketahui jumlah KK/jiwa yang kehilangan tempat tinggal adalah sebanyak 131 KK/532 jiwa yang tersebar di 4 RT.

Jumlah tersebut terdiri dari : RT. 25 (1 KK/4 jiwa), RT. 26 (41 KK/186 jiwa), RT. 27 (3 KK/15 jiwa) dan RT. 28 (86 KK/327 jiwa).

Posting Komentar