Prabumulih, MJ -Sebanyak kurang lebih 300 unit peralatan usaha dibagikan kepada pedagang kuliner di Kota Prabumulih. Penyerahan bantuan peralatan usaha berbentuk gerobak sebanyak 125 unit dan etalase 175 unit.

Bantuan gerobak dan etalase diserahkan langsung oleh Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Wakil Walikota H Andriansyah Fikri, di Pendopoan Rumah Dinas Walikota, (29/1).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan, jika bantuan peralatan usaha tersebut adalah bentuk perhatian Pemkot Prabumulih dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya bagi para pedagang kuliner dalam menjalankan usahanya.

"Bantuan ini adalah keinginan dari masyarakat kita sendiri. Apa yang mereka butuhkan akan kita siapkan. Inilah bentuk kepedulian pemerintah. Begitu juga sebaliknya kita minta agar masyarakat juga peduli dengan pemerintah dengan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin," ujar Ridho.

Lebih lanjut, suami dari Ir H Ngesti Rahayu ini menuturkan,  bantuan peralatan usaha yang diberikan kepada pedagang tidak boleh diperjualbelikan atau dipindahtangankan kepada orang lain. Mengingat bantuan tersebut bersifat hibah.

"Jangan sampai dijual, jika tidak berkenan untuk menerima lebih baik ditolak jauh-jauh hari. Bila ada yang nekat menjual akan berurusan dengan pihak kepolisian. Maka dari itu ada fakta integritas antara pemerintah dengan penerima bantuan," bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Junaidi SIP menambahkan, program bantuan peralatan usaha bagi pedagang ini sudah berjalan selama tiga tahun. Setidaknya sudah sekitar 1700 peralatan usaha gerobak dan etalase yang telah disalurkan kepada penerima bantuan. Bantuan tersebut bersumber dari APBD 2017.

"Masih ada sekitar 1000 bantuan lagi yang akan diberikan. Setiap penerima yang mengajukan bantuan akan didata dan diverifikasi sesuai kebutuhan yang diajukan," tandasnya.

Sumira (35), warga Jalan Cendra Wasih, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur mengaku sangat bersyukur dengan bantuan gerobak yang telah diterimanya.

"Alhamdulillah tidak hanya gerobak saja, kita juga dibantu kebutuhan lainnya seperti dandang, wajan dan sembako. Kami merasa terbantu, jualan bisa lebih nyaman dan bersih," ujar pedagang mie ayam ini. (EW)

Posting Komentar