PRABUMULIH, MJ – Sembari menunggu diselesaikannya pekerjaan pembangunan rusunawa yang berada di komplek Islamic Center, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Prabumulih menerima pengajuan usulan dari warga yang ingin menghuni rusunawa. Sejak dibuka beberapa waktu lalu, saat ini sudah 300 an warga yang mendaftar untuk jadi calon penghuni.

Kepala Bappeda kota Prabumulih, Elman ST mengatakan jumlah warga yang mendaftar nantinya akan diverifikasi oleh tim khusus yang dibentuk melalui SK Walikota. “Jumlah kamarnya terbatas. Hanya 116 kamar. Makanya nanti akan diverifikasi lagi,” kata Elman kepada wartawan.

Elman menjelaskan verifikasijuga dilakukan agar penghuni rusunawa benar-benar tepat sasaran. Jangan sampai penghuni rusunawa sudah memiliki rumah dan malah menyewakan kamar ke orang lain. “Rusunawa hanya diperuntukkan bagi warga yang benar-benar miskin yang tidak memiliki rumah. Jadi setelah datanya dikumpulkan akan dicek satu per satu kondisi calon penghuni. Apabila memiliki rumah, langsung kami coret,” ujarnya.

Dijelaskan Elman, sejumlah dinas terkait akan terlibat dalam tim verifikasi. Diantaranya Dinas Sosial, Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat, Bagian Hukum dan Perundang-undangan serta dinas lainnya. “Setelah mendapat SK Walikota, tim langsung bergerak melakukan proses verifikasi,” ucapnya.

Terkait proses pembangunan rusunawa, Elaman menjelaskan jika saat ini proses pembangunan fisik bangunan sudah rampung dikerjakan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu kontraktor memasukkan mobiler ke kamar-kamar. “Terakhir sidak, hanya 5 kamar yang baru terisi mobiler. Kami masih menunggu kontraktor selesai mengerjakannya,”pungkasnya. (Yud)

Posting Komentar