JAKARTA, MJ - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono selama satu jam di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10/2017), salah satunya membahas tentang Undang-Undang tentang Organisasi Massa yang baru saja disahkan.

"Memang ada topik yang dibicarakan salah satunya adalah tentang Perppu Ormas yang baru saja disahkan DPR menjadi UU Ormas," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

SBY selaku Ketua Umum DPP Partai Demokrat sehari sebelumnya memamg sempat mengancam akan mengeluarkan petisi politik jika pemerintah tidak merevisi Undang-Undang tentang Organisasi Masyarakat. Hal itu ditegaskan oleh SBY melalui video yang diunggahnya ke akun YouTube Demokrat TV.

SBY menuturkan, pemerintah sudah berjanji untuk merevisi UU Ormas setelah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor Tahun 2 Tahun 2017 disahkan pada paripurna DPR beberapa waktu.

Namun, saat ditanya apakah SBY menyampaikan poin-poin revisi UU Ormas, Johan mengaku tidak tahu. Sebab, pertemuan tersebut berlangsung hanya empat mata antara Jokowi dan SBY.

"Saya detailnya tidak tahu karena seperti saya sampaikan di awal bahwa pertemuan ini pertemuan empat mata, tidak ada yang mendampingi antara Pak Presiden dengan Pak SBY," ucap Johan.

Selain soal UU Ormas, menurut Johan, pertemuan tersebut juga membicarakan kondisi politik dan ekonomi bangsa ini. Banyak masukan yang disampaikan SBY kepada pemerintah. Namun, lagi-lagi Johan tidak bisa menjawab saat ditanya detil masalah yang dibahas.

"Pertemuan berlangsung sekitar satu jam yang diselingi suguhan teh dan kue di beranda itu," kata Johan.

Johan menambahkan, pertemuan ini sudah direncanakan sejak sebulan yang lalu, bukan mendadak. Namun pertemuan baru terwujud sekarang karena kesibukan keduanya.

Adapun Jokowi dan SBY tidak memberikan keterangan kepada pers usai pertemuan. Padahal, di awal pertemuan, media susah dipersilahkan untuk mengambil gambar.

Wartawan sempat mencoba bertanya ke Jokowi terkait hal yang dibahas dalam pertemuannya dengan SBY. Namun, Jokowi juga enggan menjawab pertanyaan wartawan. Ia meminta wartawan bertanya ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno.




KOMPAS.COM
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar